Jakarta (ANTARA) - SSDM Polri menerima penghargaan dari Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas atas kebijakan rekrutmen proaktif bagi penyandang disabilitas.

Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Ketua Komnas Disabilitas Dante Rigmalia kepada Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo dalam Penutupan Rakorbin SDM dan PNS Polri di Jakarta Pusat, Rabu.

“Kami dari Komnas Disabilitas memberikan penghargaan kepada Polri atas upaya yang telah dilakukan oleh Polri dalam rekrutmen proaktif dalam Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan Bintara Polri kepada penyandang disabilitas,” kata Dante, dilansir dari keterangan tertulis.

Ia mengatakan, proses penerimaan penyandang disabilitas untuk menjadi anggota organik, Polri melakukan proses asesmen dan memberikan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas, mulai dari proses pendaftaran hingga pendidikan dan latihan.

“Pelaksanaan proses pendidikan dan latihan juga memperhatikan akomodasi yang layak pada penyandang disabilitas,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menilai Polri tidak sekadar menerima para penyandang disabilitas ke dalam Korps Bhayangkara, tetapi juga merencanakan terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami juga melihat adanya perencanaan hasil rekrutmen ke penyandang disabilitas dengan melihat potensi penyandang disabilitas,” kata dia.

Diketahui, penerimaan personel Polri dari kelompok disabilitas merupakan program Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang membuat kebijakan inklusif dengan membuka rekrutmen Bintara Polri untuk kalangan disabilitas.

Pada tahun ini, Polri merekrut dua penyandang disabilitas pada jalur kepangkatan SIPSS Gelombang I. Kemudian, Polri merekrut secara proaktif 16 penyandang disabilitas pada kepangkatan Bintara.
Baca juga: Kepolisian Hong Kong puji sistem rekrutmen Polri saat kunjungi SSDM
Baca juga: Kapolri apresiasi SSDM Polri raih predikat pelayanan prima
Baca juga: Polri kembangkan aplikasi "Satu Data SDM"

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024