Kami berharap ke depan, Kemenparekraf akan melakukan peningkatan berkelanjutan serta konsolidasi layanan serta terus melaksanakan pemangkasan proses bisnis agar layanan yang diberikan kepada pengguna lebih berdampak
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi implementasi reformasi birokrasi (RB) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus mengalami perbaikan/kenaikan dari tahun ke tahun.

Dia menyebut upaya kementerian yang dinakhodai Sandiaga Salahuddin Uno ini amat baik terlihat dari kenaikan nilai dari tahun sebelumnya. "Upaya reformasi birokrasi yang telah dibangun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjukkan hasil yang terus membaik dari tahun ke tahun.

Selain itu, upaya dalam mendorong akuntabilitas kinerja juga terus mengalami perkembangan positif," kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pada 2023, nilai Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masuk kategori A-.

Baca juga: Menparekraf target kunjungan Wisman 10 juta optimis tercapai

Sementara, nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kemenparekraf meraih predikat BB atau Sangat Baik.

Anas mengungkapkan indeks RB dan SAKIP Kemenparekraf berada di atas nilai rata-rata nilai Kementerian/Lembaga.

"Namun demikian, kami mendorong Kemenparekraf terus melakukan perbaikan implementasi RB dan SAKIP secara berkelanjutan," ungkapnya.

Tidak hanya dari sisi RB dan SAKIP, Kemenparekraf juga secara aktif melakukan penyederhanaan birokrasi serta transformasi digital. Capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kemenparekraf tahun 2023 masuk kategori 'memuaskan'.

"Kami berharap ke depan, Kemenparekraf akan melakukan peningkatan berkelanjutan serta konsolidasi layanan serta terus melaksanakan pemangkasan proses bisnis agar layanan yang diberikan kepada pengguna lebih berdampak," jelas dia.

Baca juga: Sandiaga sebut konektivitas jadi kunci tingkatkan kunjungan wisman

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berterima kasih atas penilaian dan rekomendasi terkait peningkatan nilai reformasi birokrasi dan SPBE yang dilakukan Kementerian PANRB.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian PANRB, semoga ke depan kami dapat terus memberikan yang terbaik dan akan terus mendorong implementasi SPBE serta birokrasi yang berdampak," pungkas Sandiaga.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024