Jakarta (ANTARA) - Kisai Entertainment, studio produksi webtoon di Asia Tenggara yang berbasis di Indonesia, mengumumkan penandatanganan kerja sama dengan YLAB Academy Korea Selatan untuk mendirikan Webtoon Academy pertama di Tanah Air dengan nama KY ACADEMY.

YLAB Academy yang berdiri sejak 2015 adalah bagian dari YLAB, salah satu perusahaan konten terbesar di Korea Selatan. YLAB menghasilkan beberapa konten webtoon terlaris, termasuk "The Chronicles of the Brave," "Super String Universe," dan "Real Life Hero" serta melahirkan banyak webtoonist profesional yang menayangkan proyeknya di berbagai platform.

"KY Academy ini menjadi jawaban atas salah satu tantangan terbesar pengembangan konten webtoon di Indonesia, yaitu dengan memberikan informasi, wawasan, dan kemampuan berstandar internasional untuk talenta masa depan Indonesia," ujar Tessa Yadawaputri, Founder dan CEO Kisai Entertainment dalam siaran resmi pada Rabu.

Baca juga: Kisai Entertainment raih pendanaan 1 juta dolar AS di kuartal IV-2024

Sementara, Kim Daewook, CEO dari YLAB Academy menambahkan, “Kerja sama ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah YLAB Academy, dan kami sangat optimistis akademi webtoon ini nanti akan menghasilkan banyak karya-karya hebat”.

Kisai Entertainment akan berinvestasi senilai lebih dari Rp5 miliar dalam lima tahun ke depan dengan menargetkan 500 kreator profesional baru yang dapat menyumbang potensi ekspor jasa kreatif lebih dari 2 juta dolar AS per tahun, baik melalui produksi Kisai Entertainment maupun upaya mandiri para kreator lulusan webtoon academy.

Baca juga: Marty MAVE: terpilih jadi duta Kakao Webtoon Indonesia

Industri webtoon saat ini diproyeksikan untuk terus tumbuh pesat dari nilai 5,4 miliar dolar AS di tahun 2023 menjadi 67,6 miliar dolar AS di tahun 2032, menurut riset Market Research Future

Sementara itu jumlah pembaca aplikasi Webtoon Indonesia mencapai 5 persen dari pembaca global (170 juta pembaca bulanan aktif).

Baca juga: Webtoon "Marry My Husband" dalam pembicaraan adaptasi drama Jepang

Baca juga: Webtoons dibekali "OST" untuk tarik khalayak yang lebih luas

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024