Program ini diharapkan dapat membuka peluang usaha baru dan memberdayakan perempuan sebagai motor penggerak ekonomi keluarga
Jakarta (ANTARA) -
Calon wakil gubernur nomor urut 1, Suswono menyebut bersama  calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil akan selalu mendukung UMKM dengan mempermudah mendapatkan akses permodalan.
 
"Kami berkomitmen untuk memberikan akses permodalan yang lebih mudah, serta mendukung penghapusan praktik pinjaman online ilegal yang merugikan masyarakat," ucap Suswono saat menghadiri acara 'Dengar Aspirasi RIDO: Diskusi UMKM dan Penyerahan Gerobak untuk Warga Rawa Buaya,' yang digelar di Jakarta Barat, Rabu.

Baca juga: KPU Jakut targetkan partisipasi pemilih di Pilkada Jakarta 77 persen
 
Suswono menjelaskan alasan mendukung UMKM karena selama ini merupakan tulang punggung ekonomi di Jakarta.
 
"UMKM adalah tulang punggung ekonomi Jakarta. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan bahwa perhatian kami pada UMKM bukan hanya sebatas retorika, tetapi tindakan nyata," ucapnya.
 
Selain itu dalam kunjungannya ke Rawa Buaya, Suswono juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan masyarakat yang tinggal di kawasan pinggir rel kereta.

Baca juga: RIDO akan perbaiki tata ruang dan infrastruktur kawasan padat penduduk
 
Salah satu lansia setempat berbagi cerita tentang kesulitan administratif yang dihadapi warga, terutama dalam mendapatkan KTP dan akses terhadap hak-hak dasar. Suswono merespons dengan sigap bahwa penyelesaian masalah ini menjadi prioritas RIDO.
 
"Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk DPRD, untuk memastikan semua warga mendapatkan hak administrasi yang layak. Tanpa akses ke KTP, mereka kehilangan banyak peluang untuk memperbaiki hidup," katanya.
 
Menurut Suswono, pasangan RIDO memiliki visi yang sejalan dengan visi nasional yang diusung oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto, untuk menata kawasan kumuh, yaitu membangun hunian vertikal bagi warga dan mengubah kawasan kumuh tersebut menjadi ruang terbuka hijau.
 
"Bayangkan jika kita bisa menyulap kawasan ini menjadi taman kota. Warga akan mendapatkan hunian yang layak dan sekaligus ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati oleh semua. Ini adalah solusi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Suswono.
 
Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Suswono saat mengunjungi pemukiman pinggir rel di Rawa Buaya,' Jakarta Barat, Rabu (16/10/2024). ANTARA/HO-Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono


Tak hanya itu, Suswono juga mengungkapkan rencana RIDO untuk meluncurkan program 'Sekolah Perempuan' sebuah inisiatif pemberdayaan ekonomi yang bertujuan meningkatkan keterampilan kewirausahaan perempuan di Jakarta.
 
"Program ini diharapkan dapat membuka peluang usaha baru dan memberdayakan perempuan sebagai motor penggerak ekonomi keluarga, " katanya.
 
Melalui acara tersebut, RIDO menunjukkan aksi nyata mereka dalam mendengarkan dan merespons kebutuhan masyarakat Jakarta.

Baca juga: Suswono sebut nantinya Ketua RT-RW jadi telinga dan mata gubernur
 
"Dukungan untuk UMKM dan inisiatif penataan kawasan kumuh di Rawa Buaya diharapkan dapat membuktikan bahwa mereka adalah pemimpin yang peduli, inklusif, dan pro-rakyat, " ucapnya.
 
Suswono juga menambahkan dengan terus mendukung pelaku UMKM dan melakukan penataan kawasan kumuh, RIDO menggarisbawahi bahwa pembangunan Jakarta tak hanya tentang infrastruktur besar, tetapi juga tentang menciptakan kesejahteraan bagi setiap warganya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024