Jakarta (ANTARA) - Politikus dari Partai Gerindra Supratman Andi Agtas, menjadi salah satu tokoh yang diundang oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10). 

Saat ini, Supratman sedang menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), dan beredar kabar bahwa dia akan kembali dipercaya mengisi posisi menteri di kabinet Prabowo yang baru.

Supratman Andi Agtas (lahir 28 September 1969) adalah seorang akademisi, advokat dan politikus Indonesia yang sejak tanggal 19 Agustus 2024 menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuflle atau perombakan kabinet dua bulan jelang berakhir masa jabatannya.

Sebelum menduduki posisi penting ini, Supratman telah menghabiskan dua periode sebagai anggota DPR-RI, mewakili daerah pemilihan Sulawesi Tengah dari tahun 2014 hingga 2024.

Selama di DPR, ia tergabung dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan menjabat di Komisi VI.

Menariknya, Supratman juga merupakan ayah dari Abcandra Muhammad Akbar Supratman, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2024–2029 dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Pendidikan Supratman dimulai di SD Negeri 1 Soppeng, di mana ia lulus pada tahun 1982. Ia melanjutkan studi ke SMP Don Bosco dan SMA Negeri 1 Toli-toli.

Ia kemudian memilih untuk mengambil jurusan Hukum di Universitas Muslim Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan.

Tidak berhenti di situ, Supratman melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Hasanuddin, juga di Makassar, sebelum meraih gelar S3 di bidang hukum di Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Supratman Andi tidak mengawali karirnya di bidang politik, sebelumnya dia adalah seorang pengacara di Sulawesi Tengah lalu beralih menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Tadulako (Untad), Palu, di mana dia mengabdi selama 14 tahun (1998-2012).

Selama di Untad, dia pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UMI Makassar. Di samping itu, ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Citra Nuansa Elok (2004-2012) dan Ketua Real Estate Indonesia (RE) Sulawesi Tengah (2004-2010).

Karir politik Supratman diawali dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada tahun 2014 dan terpilih menjadi anggota Komisi III.

Dirinya kemudian berpindah ke Komisi VI pada periode 2019-2024 dan juga menjabat sebagai Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR RI selama dua periode.

Beberapa jejak pentingnya di DPR termasuk keterlibatannya dalam panitia kerja dan panitia khusus yang membahas berbagai undang-undang penting, seperti Revisi UU MD3, RUU Pemilu, dan RUU Siber.

Baca juga: Profil M. Herindra, Wamenhan yang ditunjuk jadi calon Kepala BIN 

Baca juga: Sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), calon menteri kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Andi Amran Sulaiman, menteri lama untuk kabinet baru Prabowo

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024