Beijing (ANTARA) - Aviation Industry Corporation of China (AVIC) pada Rabu (16/10) menyebutkan bahwa pesawat amfibi besar AG600, yang dikembangkan secara mandiri oleh China, memulai uji kelelahan (fatigue test) skala penuh.

Uji coba tersebut dilakukan di Institut Penelitian Kekuatan Pesawat Terbang China yang terletak di Distrik Yanliang di Xi'an, Provinsi Shaanxi, China barat laut, ungkap AVIC, produsen pesawat terkemuka di negara tersebut.

AVIC menyebutkan bahwa uji coba ini akan memberikan dasar uji skala penuh yang penting untuk perpanjangan masa pakai dan modifikasi pesawat AG600 di masa mendatang.

Keluarga pesawat amfibi besar AG600 dikembangkan sebagai alat aeronautika canggih yang vital untuk memperkuat kapabilitas penyelamatan darurat China.

Pesawat ini memiliki konfigurasi unik, dengan badan bagian atas yang berbentuk pesawat terintegrasi ke badan bagian bawah yang berbentuk dasar kapal.

AVIC memapaparkan bahwa fatigue test skala penuh terhadap pesawat AG600 merupakan uji khusus dan rumit untuk pesawat tersebut secara keseluruhan. Ini merupakan uji paling penting untuk memverifikasi kepatuhan terhadap peraturan relevan tentang toleransi kerusakan struktur pesawat dan evaluasi kelelahan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024