Jakarta (ANTARA) - Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, YouTube memperbarui fitur-fitur di aplikasinya, termasuk fitur pemutar mini, opsi kecepatan dalam pemutaran video, dan Sleep Timer.

Direktur Manajemen Produk YouTube Matthew Darby dalam postingan di blog YouTube pada Selasa (15/10) menyampaikan bahwa perusahaan menghadirkan dua lusin penyempurnaan dengan mempertimbangkan keperluan pemirsa dan kreator konten.

"Pembaruan ini diluncurkan di web, seluler, TV, dan YouTube Music mulai hari ini," katanya.

Menurut dia, pembaruan mencakup fitur seperti penyetelan kecepatan pemutaran yang memungkinkan penyesuaian dalam kelipatan 0,05.

Playback video yang sebelumnya terbatas pada kecepatan 0,25x, 0,5x, 1x, 1,5x, hingga 2x sekarang bisa diputar lebih halus dengan penyetelan kecepatan berkelipatan 0,05x.

Pemutar mini pada aplikasi seluler YouTube juga disempurnakan sehingga memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil mencari video-video yang ingin ditambahkan ke antrean.

YouTube juga meningkatkan fitur daftar putar, memungkinkan pembuatan daftar putar bersama teman dan keluarga.

Penambahan konten ke daftar putar dapat dilakukan cukup dengan mengundang orang lain untuk berkolaborasi menggunakan tautan khusus atau kode QR.

Selain itu, YouTube memperkenalkan alat penyesuaian baru untuk memberikan sentuhan pribadi pada daftar putar.

Pengguna dapat mendesain keluku-keluku untuk daftar putar menggunakan foto sendiri atau membuat  gambar baru dengan AI generatif.

Untuk membuat keluku khusus, pengguna bisa memilih foto dari kamera dan melakukan personalisasi menggunakan teks, filter, atau stiker. 

Pengguna yang ingin membuat keluku dengan dukungan kecerdasan artifisial bisa memilih "Buat dengan AI" kemudian pilih tema dan pilih kreasi-kreasi yang dihasilkan dengan dukungan AI.

Pembaruan ini akan hadir di perangkat seluler, web, TV, dan YouTube Music.

Akhir tahun ini, pengguna YouTube akan dapat memilih video dalam daftar putar serta menyusun daftar putar bersama teman-teman.

Fitur ini juga memungkinkan interaksi lebih lanjut dengan kreator, yang dapat menggunakan fitur untuk meminta pemirsa mereka memberi peringkat pada ulasan favorit mereka.

Baca juga: YouTube perpanjang durasi Shorts hingga 3 menit

Baca juga: YouTube pulihkan akun dan channel yang tidak sengaja terhapus oleh bug

YouTube menghadirkan fitur Sleep Timer atau pengatur waktu tidur kepada lebih banyak pengguna.

Fitur yang sebelumnya hanya disediakan bagi pelanggan YouTube Premium ini dapat membantu pengguna menghentikan pemutaran video pada 10, 20, 30, 45 menit, hingga satu jam menjelang waktu tidur.

YouTube menghadirkan Badges di aplikasi seluler dan YouTube Music. Peluncuran fitur ini akan dimulai dengan menghadirkan lencana untuk pencapaian unik di YouTube seperti menjadi anggota berbayar pertama di saluran kreator, atau kemampuan menyelesaikan kuis dengan benar.

Pengguna bahkan dapat memperoleh lencana karena menjadi pendengar setia artis favorit mereka atau karena kreator menyukai komentar mereka.

Fitur ini akan dihadirkan kepada pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Pembaruan fitur juga mencakup penyempurnaan pengalaman YouTube di TV untuk memberikan nuansa yang lebih sinematik.

Pada fitur Shorts di TV, YouTube menawarkan pembaruan tampilan dengan menambahkan media untuk berinteraksi, seperti kolom komentar, di samping konten video. Dengan demikian, pengguna tidak perlu keluar dari layar untuk mencari komentar tentang konten.

Baca juga: Aplikasi Juno akan ditutup

Baca juga: Pemerintah dan platform digital deklarasikan Pilkada Damai 2024

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024