Ningbo (ANTARA) - Pemimpin senior China Wang Huning pada Selasa (15/10) menyerukan kepada komunitas Buddhis untuk memberikan kontribusi berupa kebijaksanaan dan kekuatan terhadap perdamaian dunia dan kemajuan umat manusia.

Wang yang merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) menyampaikan pernyataan tersebut pada upacara pembukaan Forum Buddhis Sedunia keenam yang digelar di Ningbo, Provinsi Zhejiang, China.

Wang mengungkapkan harapannya pada komunitas Buddhis dalam upaya untuk mendorong dialog dan pertukaran antarperadaban, serta mempromosikan koeksistensi harmonis di antara berbagai agama.

Ketua Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC) itu menekankan bahwa China menganut kebijakan kebebasan beragama, serta mendorong dan mendukung komunitas keagamaan untuk melakukan pertukaran internasional berbasis kemandirian, kesetaraan, persahabatan, dan saling menghormati.

"Pemerintah China mendukung partisipasi komunitas Buddhis China dalam dialog keagamaan dan budaya global serta pertukaran persahabatan dengan komunitas Buddhis di negara lain untuk mendorong pertukaran antarmasyarakat serta meningkatkan rasa saling memahami," ujar Wang.

Sebelum upacara pembukaan, Wang bertemu dengan para perwakilan yang berpartisipasi dalam forum itu.

Sekitar 800 perwakilan, pakar, dan akademisi dari 72 negara dan kawasan dalam komunitas Buddhis menghadiri forum tersebut.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024