Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu mengatakan tidak terlalu terganggu dengan hasil imbang 1-1 melawan Australia pada pertandingan keempat putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C di Stadion Saitama, Selasa (15/10).

Hasil pertandingan tersebut mengakhiri laju sempurna Jepang dari tiga laga dengan tiga kemenangan, mencetak 14 gol, dan tanpa kebobolan sama sekali.

Namun, mengomentari hasil pertandingan, Moriyasu tetap melihat mereka bisa mengendalikan nasibnya dengan baik karena masih mampu memimpin klasemen dengan keunggulan lima poin atas tiga tim di bawahnya, termasuk Australia di posisi kedua.

“Sejujurnya, saya ingin menang di kandang sendiri. Tidak ada masalah dengan pertahanan kami secara keseluruhan. Kami kebobolan karena gol bunuh diri, tapi kami tidak terpecah secara keseluruhan," kata pelatih 56 tahun tersebut, dikutip dari laman resmi AFC, Rabu.

“Meskipun tim Australia memiliki kemampuan individu dan tim yang kuat, tim tetap kokoh dan melakukan upaya berulang kali untuk menghancurkan pertahanan lawan, jadi saya memuji mereka atas hal itu," tambah dia.

Pada pertandingan ini, Socceroos di bawah asuhan pelatih baru, Tony Popovic unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Shogo Taniguchi pada menit ke-58.

Samurai Biru lalu menyamakan kedudukan hampir 20 menit kemudian, tepatnya pada menit ke-76 melalui gol bunuh diri Cameron Burgess.

Baca juga: Pelatih Korea Selatan puji pemain pengganti saat kalahkan Irak 3-2

Sementara itu, Popovic sangat senang dengan raihan empat poin dalam kariernya menjadi pelatih Australia setelah menggantikan kinerja Graham Arnold.

“Ini bukan hanya sekadar kreativitas, kami harus meningkatkan seluruh aspek karena kami bercita-cita untuk menantang Jepang,” kata pria berusia 51 tahun itu.

"Menantang mereka secara rutin sebagai tim terbaik di Asia. Untuk melakukan itu kami tahu kami harus berkembang," lanjut dia.

Pertandingan Australia berikutnya adalah menjamu Arab Saudi pada 14 November, sebelum mereka bertandang ke Bahrain lima hari kemudian.

"Ini adalah pertandingan kandang kami, kami ingin semua orang mendukung kami, dan menciptakan suasana seperti ini di Melbourne akan menjadi sesuatu yang istimewa," kata dia.

Pada pertandingan selanjutnya, Jepang akan tandang melawan Indonesia pada 15 November.

Baca juga: Pelatih China: Kemenangan lawan Indonesia tingkatkan percaya diri
Baca juga: Roberto Mancini: Arab Saudi pantas menang lawan Bahrain

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024