Daerah-daerah sentral pertanian di Kabupaten Aceh Besar saat ini mulai melakukan penanaman
Banda Aceh, Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menargetkan luas tanam pada musim rendeng Oktober 2024-Maret 2025 mencapai 25.692 hektare dalam upaya mendukung kebutuhan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Insya Allah, kita terus berupaya memberikan pendampingan agar target luas tanam yang tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar tersebut dapat terealisasi seluruhnya pada musim tanam utama ini,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Aceh Besar Agus Rizal di Lambaro, Aceh Besar, Rabu.

Ia menyebutkan luas tanam yang telah terealisasi pada Oktober 2024 seluas 300 hektare dari target pada bulan tersebut seluas 1.000 hektare.

“Kami optimistis luas tanam yang ditargetkan pada musim tanam rendeng tersebut akan tercapai karena daerah-daerah sentral pertanian di Kabupaten Aceh Besar saat ini mulai melakukan penanaman,” katanya.

Pihaknya juga terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan kesejahteraan petani salah satunya memberikan pendampingan dari para penyuluh terkait budidaya tanaman padi.

Kemudian, memberikan bantuan benih kepada para petani dengan luas lahan 6.000 hektare yang tersebar dalam wilayah kabupaten itu.

Pihaknya meyakini dengan peningkatan indeks tanam dan juga pendampingan dari para penyuluh akan mampu meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan produksi sehingga akan berdampak pada pendapatan yang diterima saat panen.

Adapun target produktivitas panen di Kabupaten Aceh Besar pada musim tanam rendeng sebanyak 7,2 ton per hektare.

Kabupaten Aceh Besar memiliki luas lahan persawahan mencapai 25.692 hektare. Dari luas sawah tersebut, 16.904 hektare di antaranya merupakan areal persawahan dengan pengairan irigasi. Sedangkan 8.770 hektare merupakan sawah tadah hujan.

Baca juga: Distan salurkan pompa air bantuan Kementan kepada petani Aceh Besar
Baca juga: Dinas PUPR Aceh Besar gilir distribusi air cegah gagal panen padi
Baca juga: Bupati Aceh Besar panen padi di Pulo Aceh


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024