Jakarta (ANTARA) -
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA) Award 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas Pengguna Jasa SPPA dan likuiditas di pasar alternatif.

Ajang ini merupakan sebuah penghargaan bagi institusi Pengguna Jasa yang aktif dan berkinerja terbaik di SPPA.

“Kegiatan penghargaan ini diselenggarakan sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan aktivitas Pengguna Jasa SPPA BEI dan likuiditas Pasar Alternatif,” ujar Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, penilaian dalam SPPA Award 2024 dilakukan berdasarkan matched transaction di SPPA, yang diperhitungkan mencakup periode mulai dari 1 Januari sampai 31 Desember 2024.

Lanjutnya, pengguna jasa, baik institusi yang sudah aktif maupun yang baru bergabung selama periode penilaian, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi.

“SPPA Award 2024 dapat diikuti oleh seluruh Pengguna Jasa existing maupun yang baru bergabung dalam masa periode penilaian dengan matched transaction yang dilakukan di SPPA untuk transaksi Outright dari 1 Januari hingga 31 Desember 2024,” ujar Jeffrey.

Adapun, terdapat beberapa kategori penghargaan dalam SPPA Award 2024, di antaranya Most Active Bank dan Most Active Securities Firm, yang diberikan kepada bank dan sekuritas dengan total nilai transaksi terbesar untuk seluruh mekanisme transaksi.

Kemudian, kategori Best Market Maker yanh diberikan kepada institusi dengan kontribusi terbesar dalam penyampaian kuotasi dan transaksi melalui mekanisme Central Limit Order Book (CLOB).

Selain itu, kategori lainnya yaitu Rising Star of The Year, yang diberikan kepada bank dan sekuritas yang mengalami peningkatan signifikan dalam total nilai transaksi untuk seluruh mekanisme transaksi dibandingkan tahun sebelumnya.

BEI juga memberikan penghargaan untuk Most Engaged Dealer, yaitu institusi yang memiliki persentase transaksi tertinggi di SPPA dibandingkan dengan transaksi yang dilaporkan melalui Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE).

Jeffrey berharap, penghargaan ini dapat memacu pengguna jasa untuk lebih aktif memanfaatkan layanan SPPA dan berperan dalam meningkatkan likuiditas di pasar alternatif.

Dengan semakin banyaknya institusi yang terlibat, lanjutnya, BEI optimistis pasar alternatif di Indonesia akan semakin berkembang.

“Seremoni penyerahan penghargaan SPPA Award 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada kuartal pertama 2025. Acara tersebut akan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan evaluasi selama setahun penuh, di mana para pemenang akan menerima penghargaan dalam sebuah acara resmi,” ujar Jeffrey.

Baca juga: BEI tingkatkan kemampuan sistem penyelenggara pasar alternatif
Baca juga: Kemenkeu: SPPA BEI berperan krusial dalam mendukung APBN dan SUN
Baca juga: BEI : Transaksi EBUS lewat SPPA capai Rp133 triliun per November 2023

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024