Jakarta (ANTARA) -
Hanif Faisol Nurofiq merupakan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dirjen PKTL KLHK). Dirinya tengah menjadi sorotan publik sebagai salah satu calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran.
 
Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah memanggil 49 tokoh di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Senin lalu. Mereka diundang untuk mengisi posisi calon menteri potensial dalam pemerintahan periode 2024-2029.
 
Setelah pertemuan tersebut, Hanif menyatakan bahwa Prabowo meminta bantuannya dalam menyusun kabinet yang sedang dipersiapkan. Lalu, siapa sebenarnya Hanif Faisol Nurofiq? Berikut ulasan mengenai sosoknya.

Profil Hanif Faisol Nurofiq

Hanif Faisol Nurofiq lahir di Bojonegoro pada 21 Maret 1971. Saat ini, ia menjabat sebagai Dirjen PTKL KLHK, sebuah posisi yang dipegangnya sejak 2023.
 
Sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal, Hanif merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal PTKL KLHK. Pengangkatannya dilakukan berdasarkan penilaian dari Tim Penilai Akhir yang saat itu dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
 
Selain itu, Hanif pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kalimantan Selatan (Kalsel), di mana ia menerima kenaikan pangkat luar biasa dari Jokowi.

Baca juga: Profil Erick Thohir, Menteri BUMN Jokowi calon menteri Prabowo
Baca juga: Profil Rachmat Pambudy, calon kuat menteri dalam kabinet Prabowo


Hanif Faisol Nurofiq memiliki rekam jejak panjang sebagai birokrat di Kalsel. Ia dikenal sebagai tokoh di balik inisiatif Revolusi Hijau, sebuah program penghijauan yang dicanangkan oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor.

Hanif menerima penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2019, sebagai pengakuan atas dedikasinya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pengumuman ini disampaikan oleh Gubernur Kalsel saat peringatan HUT ke-48 Korpri.

Selain itu, ide besar Hanif dalam mengembangkan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2THI) juga mendapat apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Hari Pers Nasional 2020 di Kalsel.

Kemudian, pada 2020, Hanif dipanggil untuk berkontribusi di tingkat nasional sebagai Sekretaris Ditjen PKTL, sebelum akhirnya memimpin direktorat jenderal tersebut.

Rumornya saat ini, Hanif Faisol Nurofiq santer disebut sebagai kandidat kuat Menteri Lingkungan Hidup dalam kabinet Prabowo-Gibran. Kehadirannya di kediaman Prabowo semakin memperkuat spekulasi akan menduduki posisi tersebut.

Baca juga: Sosok Dudy Purwagandhi, Komisaris PLN yang masuk radar menteri Prabowo
Baca juga: Sosok Maman Abdurrahman, calon kuat menteri UMKM di kabinet Prabowo

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024