Jakarta (ANTARA) - ASUS secara resmi merilis laptop gaming terbarunya bernama TUF Gaming A16 (FA608) diklaim sebagai laptop gaming dengan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) berukuran 16 inci pertama di Indonesia dan telah dilengkapi sertifikasi ketahanan militer AS.

“Kami mengerti bahwa ada banyak gamers dan pengguna laptop di Indonesia yang membutuhkan laptop ringkas, powerful, dan tangguh. TUF Gaming A16 adalah jawaban dari ASUS untuk mereka,” ujar ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin dalam keterangannya, Selasa (15/10). 

Bisa dibilang sebagai laptop gaming, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) hadir dengan bobot yang cukup nyaman untuk dibawa bermobilisasi berukuran 2,2 kilogram.

Baca juga: Lima laptop gaming terbaik 2024

Tampilan luar dalam warna Jaeger Gray memberikan kesan modern dan tangguh, selaras dengan tema ASUS TUF Gaming yang sudah sangat dikenal.

Meski ringkas, baterai 90WHrs berkapasitas besar memastikan daya tahan laptop bisa lebih lama saat digunakan tanpa harus sering mencari sumber listrik, sangat cocok untuk pengguna yang sering bepergian.

Membahas spesifikasi lainnya, sesuai dengan namanya, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) adalah laptop gaming AI dengan layar 16 inci, memiliki resolusi 2.5K (2560 x 1600), dan menawarkan rasio aspek 16:10.

Baca juga: Laptop gaming Infinix GTBOOK hadir di Indonesia mulai 7 Juli 2024

Laptop ini hadir dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang halus dan responsif.

Dukungan teknologi G-Sync dan tingkat kecerahan hingga 400 nits menambah kenyamanan penggunaan, terutama dalam lingkungan dengan pencahayaan yang bervariasi.

Dari sisi konektivitas fisik, laptop ini dilengkapi berbagai port I/O seperti RJ45 LAN, dua USB 3.2 Gen 2 Type-A, serta dua port USB Type-C yang mendukung DisplayPort dan power delivery.

Baca juga: ASUS ungkap jajaran laptop "gaming" yang bakal meluncur di 2024

Untuk konektivitas digital, laptop ini dapat terhubung dengan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 juga memastikan koneksi nirkabel yang cepat dan stabil.

Dari dapur pacu, TUF Gaming A16 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan 12 core dan 24 thread, laptop ini mampu memberikan kecepatan hingga 5.1GHz.

Selain itu, hadir juga AMD XDNA sebagai NPU yang memiliki kekuatan hingga 50TOPS semakin memperkuat kinerja berbasis AI, yang kini banyak digunakan di berbagai aplikasi modern.

Untuk urusan grafis, ASUS TUF Gaming A16 dilengkapi dengan NVIDIA GeForce RTX 4060 yang memiliki TGP hingga 140W, memberikan visual optimal di dalam game dan rendering grafis 3D.

Baca juga: ASUS ROG perkenalkan laptop gaming hasil kolaborasi dengan ACRONYM

Salah satu yang menjadi sorotan dalam laptop gaming ialah sistem pendinginnya, untuk TUF Gaming A16 telah didukung oleh dua kipas Arc Flow Fans generasi kedua yang terinspirasi dari desain mesin pesawat memastikan aliran udara yang lebih baik dengan kebisingan minimal.

Selain itu, heatsink full-width dan ventilasi pembuangan yang dilengkapi filter debu berperan penting dalam menjaga suhu komponen internal tetap optimal.

Berkat kombinasi teknologi ini, suhu permukaan laptop bisa mencapai hingga 7 derajat celcius lebih dingin dibandingkan dengan laptop gaming sekelasnya.

Dari sisi daya tahan, laptop gaming AI 16 inci itu mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS, MIL-STD-810H. Ketahanan berstandar militer ini menjadikan ASUS TUF Gaming A16 lebih dari sekadar laptop gaming biasa.

Laptop ini dirancang untuk bertahan dari guncangan dan benturan tak terduga dalam penggunaan sehari-hari, sehingga cocok untuk pengguna yang sering bepergian.

Laptop gaming AI terbaru dari ASUS yakni TUF Gaming A16 dengan satu pilihan warna Jaeger Gray dijual di Indonesia seharga Rp29.999.000 dan dapat dipesan di gerai-gerai ASUS ROG store yang ada di Indonesia.

Baca juga: Axioo hadirkan laptop gaming di bawah 20 juta
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024