Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi dipanggil ke rumah Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kartanegara IV, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/10) 

Dalam pertemuan itu, Prabowo meminta Viva Yoga Mauladi untuk bergabung dan memberikan kontribusi dalam kabinetnya selama lima tahun ke depan. Yoga Mauladi digadang-gadang akan menjabat sebagai Wakil Menteri Transmigrasi.

"Saya dapat tugas dari bapak presiden Prabowo ditunjuk untuk membantu beliau menjadi wakil menteri transmigrasi," ujarnya, Selasa (15/10).

Lalu, bagaimana latar belakang kehidupan Viva Yoga Mauladi hingga terpilih sebagai salah satu calon wakil menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran? Berikut adalah profilnya.

Profil Viva Yoga Mauladi

Viva Yoga Mauladi yang lahir pada 30 Mei 1968 adalah politikus dan aktivis asal Indonesia yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Ia menyelesaikan pendidikan di Universitas Udayana, Bali, dengan mengambil jurusan kedokteran hewan melalui program minat dan kemampuan (PMDK).

Ia memulai perjalanan kariernya dengan aktif bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan menjabat sebagai ketua umum HMI pada periode 1992-1993.

Setelah lulus pada tahun 1995, ia merantau ke Jakarta untuk menjadi aktivis dan melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pada periode 2000 hingga mendapatkan gelar Magister di tahun 2003.

Semasa di Jakarta, Viva Yoga Mauladi memulai karier politik profesional dengan bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN). Hingga Ia berhasil masuk dalam jajaran pengurus DPP PAN sebagai ketua departemen perencanaan monitoring dan pengendalian pemenangan pemilu sejak tahun 2000 - 2005.

Pada tahun 2004 Ia pernah mengalami kegagalan dalam mencalonkan diri sebagai wakil rakyat pada pemilihan umum legislatif Indonesia. Pada saat itu, ia merupakan calon legislatif DPR RI untuk Daerah Pemilihan Jawa Timur.

Setelah itu, ia diangkat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) di Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN untuk periode 2005 hingga 2010.

Dalam pemilu 2009, ia mencalonkan kembali dan berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur Hingga 2014. Saat menjelang pemilu 2014, Viva Yoga diberikan kepercayaan untuk memimpin Badan Pemenangan Pemilu DPP PAN sebagai ketua dari tahun 2010 hingga 2015. Kemudian, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PAN.

Ia kemudian terpilih kembali dalam Pemilu 2014 dan melanjutkan tugasnya sebagai anggota DPR hingga tahun 2019. Ia ditempatkan di Komisi IV DPR RI.

Hingga saat ini, Viva Yoga Mauladi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PAN untuk periode 2020-2025, dan namanya telah diusulkan sebagai calon wakil menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran.


Baca juga: Sosok Teuku Riefky Harsya, Sekjen Demokrat bakal menteri Prabowo

Baca juga: Profil Ribka Haluk, bakal calon menteri dalam kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Anis Matta, calon wakil menteri luar negeri kabinet Prabowo
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024