Jakarta (ANTARA) -
Teuku Riefky Harsya, nama tokoh yang dikenal luas di dunia politik Indonesia, kini menjadi salah satu kandidat kuat untuk mengisi posisi menteri dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 2024.
 
Di antara puluhan nama bakal menteri kabinet Prabowo yang hadir ke rumah Presiden Terpilih ini, Teuku Riefky ikut hadir dalam momen tersebut pada Senin (14/10).
 
Sebagai politisi ulung dan tokoh berdarah Aceh berpengaruh, Riefky telah menorehkan berbagai pengalaman politik dalam kariernya.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, kiprahnya semakin menonjol dan menjadikannya salah satu tokoh yang diperhitungkan menjadi kementerian Indonesia yang akan mendatang.
 
Lantas, siapakah sosok Teuku Riefky ini? Mari kita simak profil latar belakangnya hingga perjalanan karirnya di dunia politik Indonesia.

 
Profil Teuku Riefky Harsya
 
Teuku Riefky Harsya lahir di Jakarta, 28 Juni 1972, ia memiliki garis keturunan ningrat dari Aceh. Gelar "Teuku" yang melekat pada namanya mencerminkan darah bangsawan yang mengalir dalam dirinya.
 
Riefky berasal dari keluarga Aceh yang cukup terpandang. Keluarganya dikenal berkontribusi dalam ekonomi dan budaya Aceh, serta memiliki kakek yang terkenal perjuangannya dalam bidang militer.
 
Sang ayah, Teuku Syahrul Mudadalam merupakan pengusaha dan pendiri HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) sekaligus politikus partai Golkar. Sedangkan sang ibu, Pocut Haslinda Azwar dikenal sebagai penulis buku Sejarah Islam Melayu-Nusantara.
 
Kakek dan nenek Riefky, Teuku Abdul Hamid Azwar dan Cut Nyak Manyak Keumala Putri menjadi kontribusi penyumbang emas untuk pembelian pesawat udara ketiga di Indonesia berjenis Avro Anson RI 004. Pesawat ini menjadi bagian sejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Profil Ribka Haluk, bakal calon menteri dalam kabinet Prabowo
Baca juga: Profil Anis Matta, calon wakil menteri luar negeri kabinet Prabowo
 
Riefky tidak besar di Aceh, melainkan ia lahir dan tumbuh di Jakarta. Ia pun bersekolah di SD Al Azhar Jakarta tahun 1984, SMP Muhammadiyah IX Jakarta tahun 1987, hingga SMA Negeri 6 Jakarta tahun 1990.
 
Setelah menamatkan pendidikan dasar hingga menengah di Banda Aceh, Riefky melanjutkan pendidikannya ke luar negeri dan sempat ingin terjun di dunia militer. Tahun 1990-1994, ia menempuh pendidikan sarjana Mass Communication di Millitary College of Vermont (US Army rotc) Norwich University, Amerika.
 
Setelah lulus sarjana, niatnya berbelok dan memilih dunia bisnis seperti Ayahnya. Hingga akhirnya, dirinya harus menolak tawaran menjadi anggota TNI Danjen Kopassus.
 
Pada usia mudanya yakni 22-32 tahun, Riefky menjadi direksi dalam anak perusahaan milik Investment Group (Tbk) tahun 1990 yaitu Marketing Director, Uninet Media Sakti Internet Service Provider, dan President Director Grandkemang Hotel Management.
 
Riefky pun melanjutkan pendidikan magister Teknik di Universitas Indonesia tahun 2013 dan gelar doktor Manajemen Keuangan di Sekolah Bisnis IPB.
 
Dalam perjalanan kariernya, Riefky mencoba peruntungannya di dunia politik. Tahun 2005, ia pun terpilih sebagai anggota pengganti antar waktu DPR RI periode 2004-2009.
 
Jabatannya di gedung Senayan tersebut terus berlanjut karena berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan umum 2009. Sebelumnya, ia pun telah bergabung dalam barisan anggota partai Demokrat.
 
Sebagai anggota DPR RI, Riefky mewakili daerah Aceh I dalam anggota komisi VII bertugas di bidang energi sumber daya mineral, teknologi, lingkungan hidup, dan riset.
 
Selain itu, dengan berbagai pengalaman politik yang ia miliki, kini Riefky menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat periode 2020-2025 pengganti Hinca Pandjaitan, sebelumnya dirinya menjabat sebagai Wakil Sekjen.
 
Selama berada dalam tubuh badan partai Demokrat, Riefky pernah menjadi pengurus sebagai Wakil Partai Demokrat DPC Jakarta Pusat tahun 2002-2005. Saat 2001, dirinya pernah berkonstribusi menjadi relawan SBY dalam pengumpulan KTP untuk pendirian partai.
 
Tahun 2024, Teuku Riefky menjadi pilihan nama dalam menteri kabinet Prabowo. Dirinya diajak berdiskusi terkait industri ekonomi kreatif anak muda.
 
Dengan segala wawasan dan pengalamannya, Riefky diharapkan mampu membawakan ide-ide baru dalam kementerian kabinet pemerintahan Prabowo tahun 2024 ini.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024