Jakarta (ANTARA) - Melalui usaha yang keras, cerdas, tuntas dan berkualitas dapat meraih prestasi terbaik di ajang internasional. Perusahaan dan Tim Inovasi dari Indonesia kembali peroleh penghargaan inovasi di ajang 29th APQO International Conference 2024 yang di selenggarakan di Meksiko pada 2 sampai dengan 4 November 2024 di hotel BelAir Uniqeu Mexico yang diikuti oleh 8 perusahaan.

Penyelenggara acara yang prestisius dan strategik ini adalah kolaborasi antara The Mexican Institute of Quality Control (IMECCA A.C), the Asia Pacific Quality Organization (APQO) dan the Latin American Federation of Quality Control Organizations (FLOCC).

Merupakan kebanggaan dan penguatan positive image bangsa Indonesia bahwa perusahaan Indonesia yang mengikuti ajang ini dapat memberikan nama baik atas prestasi di tingkat global ini sehingga dapat meningkatkan daya saing yang tumbuh dan berkelanjutan. Penghargaan yang dicapai oleh perusahaan Indonesia di ajang APQO IC adalah Penghargaan Global Performance Excellence Award (GPEA) dan 8th Awards for Contributing to Excellence (ACE) Competition.

APQO adalah sebuah organisasi otonom, non-politik, non-profit, ilmiah dan teknis yang berdomisili di kawasan Asia Pasifik menyelenggarakan acara Konferensi Internasional 2024 dengan kegiatan:
1. BEST PRACTICE SHARING SESSION
2. ACE TEAM COMPETITION
3. APQO INTERNATIONAL INDIVIDUAL AWARDS
4. APQO INNOVATION CLASS
5. APQO INTERNATIONAL BEST PRACTICE
6. GLOBAL PERFORMANCE EXCELLENCE AWARD

Adapun Perusahaan yang memperoleh Penghargaan adalah:

1. Global Performance Excellence Award (GPEA)
Penghargaan ini merupakan satu-satunya pengakuan internasional formal atas kinerja atau keunggulan bisnis perusahaan, dan kriteria penilaian menggunakan Malcolm Baldrige Criteria. Acara ini diikuti oleh negara:
a. Tiongkok
b. India
c. Vietnam
d. Sri Lanka
e. Indonesia
f. Rusia
g. Meksiko

dan Perusahaan Indonesia yang memperoleh penghargaan tersebut adalah:
a. PT Petrokimia Gresik mendapatkan World Class Company
b. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mendapatkan World Class Company

2. 8th Awards for Contributing to Excellence (ACE) Competition
Penghargaan ini merupakan kompetisi keunggulan tim yang partisipatif dan interaktif yang dirancang untuk mengenali tim yang menunjukkan nilai dan tujuan bersama yang menggabungkan bakat dan keterampilan untuk mencapai tingkat kinerja baru. Tahun ini Indonesia mengirimkan kepesertaan presentasi online dari tempat perusahaan masing-masing dan sebagian besar perusahaan memperoleh penghargaan 3 dan 4 Stars yaitu :
1. PT KERETA COMMUTER INDONESIA
2. PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG
3. PT SEMEN TONASA
4. PT ANUGERAH AGUNG PRIMA ABADI – MILL, Subsidiary Company of TRIPUTRA AGRO PERSADA GROUP
5. PT YUDHA WAHANA ABADI MILL – MILL, Subsidiary Company of TRIPUTRA AGRO PERSADA GROUP
6. PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR

Disamping itu 8th ACE Team Competition juga menghadirkan kategori Special Awards, yaitu:
1. APQO International ACE Award - Overall Best
2. APQO International ACE Award - Best Impact on Productivity
3. APQO International ACE Award - Best Impact on Innovation
4. APQO International ACE Award - Best for Leveraging Technology
5. APQO International ACE Award - Best for Impact on Transformation

Dua perusahaan Indonesia memborong tiga penghargaan Special Award dan dua lainnya diraih oleh perusahaan dari Singapura dan Tiongkok.

Secara umum para inovator dari Indonesia di ajang APQO ACE Team di Meksiko ini telah menunjukkan ketrampilan tinggi dalam berpresentasi secara online dan tanya jawab meski dalam bahasa Inggris namun tetap semangat dan tampil prima serta penuh percaya diri untuk memberikan yang terbaik.

Sebagai dampak positif atas kerja cerdas dan tuntas serta extra effort maka sudah sewajarnya meraih prestasi dengan kategori Special Award yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang APQO ACE Team setelah kategori penghargaan Star.

Selamat dan sukses kepada perwakilan perusahaan Indonesia yang menerima Penghargaan GPEA dan para inovator Indonesia yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi dalam berinovasi sebagai bukti kemampuan anak ibu pertiwi di kancah internasional melalui ajang 29th APQO IC 2024.

Keikutsertaan di ajang tersebut dikoordinir oleh Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI) atau Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA) yang telah menjadi Core Council Member sejak tahun 2011 bekerjasama dengan PT Wahana Kendali Mutu (WKM). Hal ini merupakan yang kedua kalinya di tahun 2024 dan acara APQO IC sebagai event tahunan yang secara rutin Indonesia mengirimkan kepesertaan. Penyelenggara telah menetapkan sebagai tuan rumah pada tahun 2025 adalah China Association for Quality (CAQ) di Beijing, Tiongkok.

Dokumentasi APQO Ace online

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024