Jakarta (ANTARA/JACX) – Sejumlah hoaks yang beredar menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. Berikut sejumlah hoaks tersebut:

1.  Video Gibran menyatakan mundur sebagai Wakil Presiden Terpilih

Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan sebuah video yang menarasikan Gibran Rakabuming Raka menyatakan mundur sebagai Wakil Presiden Terpilih. 

Faktanya, video tersebut merupakan video saat Gibran mengundurkan diri sebagai Wali Kota Surakarta di Rapat Paripurna DPRD Surakarta pada 17 Juli 2024.

Video tersebut serupa dengan unggahan video YouTube KompasTV yang berjudul “Mengundurkan Diri Sebagai Wali Kota Solo, Gibran Siapkan Diri untuk Pelantikan Wakil Presiden”. Dalam video tersebut dinarasikan Gibran menyebut, salah satu alasan mengundurkan diri adalah persiapan pelantikan sebagai wakil presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang. Baca selengkapnya disini

2.  Puan bakal gantikan Gibran jadi Wapres Prabowo

Sebuah unggahan video beredar di platform YouTube menarasikan dan mempertanyakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat menjadikan Ketua DPR Puan Maharani akan menggantikan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029 Gibran Rakabuming Raka. 

Faktanya, video yang ada dalam unggahan youtube tersebut hanyalah potongan video dari channel YouTube Rocky Gerung Official yang berjudul “PDIP MERAPAT KE PEMERINTAHAN PRABOWO. JOKOWI & GIBRAN TERSINGKIR?!”.

Dalam video tersebut Rocky Gerung membahas tentang kemungkinan akurasi politik yang ideal pada saat ini, yaitu PDI-P masuk ke pemerintahan Prabowo. 

Selain itu, Puan Maharani kembali ditetapkan sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (01/10). Baca selengkapnya disini

3.  Anies akan gantikan Gibran jadi wakil presiden

Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggantikan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

Faktanya, video tersebut menampilkan pengamat politik, Refly Harun yang menganalisis tentang spekulasi Prabowo ingin menemui Anies Baswedan dapat dilihat di YouTube Refly Harun yang berjudul “LIVE! PRABOWO MAU TEMUI ANIES? UNTUK APA? HATI-HATI JEBAKAN BETMEN!!”.

Dalam video tersebut, tidak ada pernyataan Refly Harun yang menarasikan Anies akan menggantikan Gibran menjadi wakil presiden karena Gibran batal dilantik.. Baca selengkapnya disini

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024