Jakarta (ANTARA) - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) membuka Program Studi (Prodi) Subspesialis Urologi pertama di Indonesia guna meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia.

Di samping itu FKUI juga membuka Prodi Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Prodi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi.

"Pembukaan tiga prodi baru ini menjadi sebuah terobosan dalam pendidikan kedokteran yang dirancang guna memenuhi kebutuhan pelayanan spesialis dan subspesialistik bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia," kata Dekan FKUI Prof Ari Fahrial Syam melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Ari mengatakan dibukanya ketiga prodi ini juga akan memperluas akses masyarakat, khususnya terhadap layanan kedokteran emergensi, jantung dan pembuluh darah, serta urologi yang berkualitas.

Baca juga: Tiga inovasi mahasiswa UI raih penghargaan di NUS Medical Challange

Ia menjelaskan saat ini masih terdapat keterbatasan dalam penanganan kasus-kasus yang kompleks yang menuntut keahlian dari dokter spesialis dan subspesialis.

"Alhamdulillah, dengan dibukanya tiga program studi baru ini FKUI kembali menegaskan posisinya sebagai institusi pendidikan kedokteran terkemuka di Indonesia yang selalu berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang bermutu," ujarnya.

Ari mengungkapkan ketiga prodi baru ini telah melalui berbagai tahapan penting, termasuk akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), sehingga dapat dipastikan bahwa program ini memenuhi standar pendidikan kedokteran spesialis dan subspesialis yang telah ditentukan.

Baca juga: Guru besar FKUI kaji evolusi urologi pediatrik di Indonesia

Ia memaparkan Prodi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi dirancang dengan durasi selama delapan semester. Lulusan dari prodi ini diharapkan dapat menjadi dokter spesialis emergensi yang mampu mengelola layanan emergensi, khususnya resusitasi, baik sebagai klinisi maupun manajerial.

Sementara, lanjutnya, Prodi Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Subspesialis Urologi, masa studi akan berlangsung selama empat semester dan dibagi menjadi tiga tahapan pendidikan yang komprehensif.

Diketahui, pendaftaran Program Studi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi, Program Studi Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Program Studi Subspesialis Urologi, telah dibuka mulai tanggal 30 September – 27 Oktober 2024. Untuk informasi pendaftaran dan persyaratan program studi, dapat dilihat melalui laman penerimaan.ui.ac.id.

Baca juga: Wamenkes: Pelibatan publik percepat pengembangan inovasi kesehatan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024