Jakarta (ANTARA) -
Kemendikbudristek berhasil meraih tiga penghargaan dari Kementerian dan Lembaga Awards 2024, meliputi kategori Kinerja Terbaik, Inovasi Terbaik, dan Pelayanan dan Komunikasi Publik yang diselenggarakan oleh iNews Media Group.
 
Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta pada Selasa, pihaknya menjelaskan pada kategori Kinerja Terbaik, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek dinilai memiliki capaian nyata dalam pemajuan perfilman maupun musik tanah air melalui berbagai kebijakan serta program strategis.
 
"Tentu kami sangat bersyukur atas dua penghargaan ini. Kolaborasi lintas sektor adalah kunci dalam meningkatkan kualitas produksi, distribusi, dan eksibisi film serta musik Indonesia. Kami berharap agar momentum ini terus berlanjut dan semakin banyak karya-karya kreatif dari anak bangsa yang mampu bersaing di pasar global," ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek Ahmad Mahendra.
 
Sementara pada kategori Inovasi Terbaik, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek dinilai serius sebagai inisiator pengembangan dunia perfilman nasional, melalui Indonesiana Film.
 
Adapun pada kategori Pelayanan dan Komunikasi Publik, program Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) dinilai memiliki capaian nyata sebagai salah satu saluran di dalam komunikasi publik Kemendikbudristek untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai kebijakan Merdeka Belajar.
   
Dengan diterimanya dua penghargaan tersebut, Mahendra menuturkan capaian yang diraih merupakan hasil sinergi antara berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah hingga para pelaku industri perfilman dan musik.
 
Menurutnya, dua penghargaan itu menjadi wujud pembuktian Kemendikbudristek dalam meningkatkan kualitas film maupun musik Indonesia.
 
Ia menambahkan, penghargaan tersebut akan menjadi awal dari perjalanan panjang yang harus terus dikembangkan bersama demi kejayaan seni dan budaya Indonesia di tingkat dunia.
 
"Kami akan terus mendorong lahirnya karya-karya berkualitas dan inovatif yang dapat mengangkat citra Indonesia di kancah internasional. Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk bekerja lebih keras dalam memperkuat ekosistem perfilman dan musik Indonesia," pungkas Mahendra.
 
Pada kesempatan yang sama, Pelaksana harian (Plh.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Anang Ristanto menyampaikan Silaturahmi Merdeka Belajar merupakan program yang diinisiasi pada tahun 2021 yang bertujuan untuk memperluas jangkauan informasi terkait kebijakan Merdeka Belajar.
 
“Merdeka Belajar memiliki berbagai episode-episode dan saat ini sudah mencapai episode ke-26. Maka dibuatlah inisiatif ini yaitu untuk menggali lebih dalam tentang berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian,” ujar Anang.

Baca juga: Kemendikbudristek: Cara hidup berkelanjutan jadi dasar RIPK 2025-2045
Baca juga: Kemendikbudristek luncurkan buku ajar MKWK Pendidikan Kewarganegaraan

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024