Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) mengerahkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam menangani banjir dan tanah longsor di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.
 
Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta, Selasa, pihaknya menerangkan Tagana menjadi garda terdepan dalam melakukan asesmen lapangan dan menghimpun data korban terdampak.
 
“Kami berkoordinasi dengan Tagana setempat terkait asesmen dampak di lokasi bencana,” ucap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tapanuli Selatan Dhani Lubis.
 
Guna memenuhi kebutuhan logistik yang memadai, Dinsos Tapanuli Selatan juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos terkait dengan permohonan bantuan logistik bagi masyarakat terdampak banjir.
 
“Kami sedang proses koordinasi dengan PSKBA tentang permohonan bantuan logistik,” katanya.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan bagi korban longsor di Kabupaten Karo
 
Dia mengatakan kebutuhan mendesak saat ini, antara lain berupa sandang yang meliputi kasur, matras, selimut, dan family kit.
 
“Kami juga membutuhkan tenda gulung dan paket bantuan pangan,” ujarnya.
 
Tim dari Direktorat PSKBA Kemensos sedang bergerak menuju lokasi bencana untuk pengerahan bantuan logistik yang dibutuhkan.
 
Hujan deras mengguyur selama lebih dari 24 jam sehingga mengakibatkan banjir di beberapa kecamatan di Tapanuli Selatan.
 
Wilayah terdampak banjir, meliputi Kecamatan Angkola Sangkunur dan Angkola Selatan.

Selain banjir, hujan juga menyebabkan tanah longsor yang menyapu sebagian wilayah di Kecamatan Muara Batangtoru. Meski tidak ada korban jiwa, ribuan warga terdampak dari bencana tersebut.
 
Tim gabungan yang terdiri atas Dinsos Tapanuli Selatan, Tagana, dan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Selatan bahu-membahu melakukan upaya tanggap darurat.
 
Saat ini, Dinsos Tapanuli Selatan bersama Tagana dan BPBD Tapanuli Selatan telah membangun tenda pengungsian bagi masyarakat yang rumahnya terendam banjir.

Baca juga: Kemensos beri santunan ahli waris korban banjir Aceh Tenggara
Baca juga: Mensos Gus Ipul instruksikan jajaran respon cepat setiap bencana

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024