Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, disebut-sebut sebagai calon kuat untuk menjadi salah satu menteri di kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto.

Isu ini semakin menguat setelah Fadli terlihat mengunjungi rumah Prabowo yang berlokasi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024).

Fadli Zon adalah seorang politikus Indonesia yang memiliki karier panjang dan beragam di dunia politik dan aktivisme. Sebagai salah satu pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bersama Prabowo Subianto, dia telah lama menjadi salah satu sosok penting di partai tersebut, bahkan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum sejak awal berdirinya.

Lahir di Jakarta pada 1 Juni 1971, Fadli juga dikenal sebagai mantan aktivis mahasiswa yang vokal dalam berbagai isu sosial dan politik. Masa kecil Fadli dihabiskan di Cisarua, Bogor di mana ia menyelesaikan pendidikan dasar.

Saat di sekolah menengah, dia mendapatkan beasiswa AFS ke San Antonio, Texas, Amerika Serikat dan meraih predikat summa cum laude. Setelah itu Fadli melanjutkan studinya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Sastra Rusia dan aktif di organisasi mahasiswa hingga menjadi salah satu pemimpin di Senat Mahasiswa UI.

Selain pendidikan formal di Indonesia, Fadli juga meraih gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Development Studies dari London School of Economics and Political Science (LSE) pada 2002. Di kemudian hari, dia kembali melanjutkan studinya di Universitas Indonesia dan berhasil meraih gelar doktoral dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya pada 2016.

Fadli Zon memulai kiprah politiknya sebagai anggota MPR RI dari golongan pemuda pada 1997-1999. Sejak saat itu, dia aktif membangun lembaga kajian publik Institute for Policy Studies (IPS), untuk mendukung gagasan-gagasan intelektualnya. Pada tahun 2008, dia bersama Prabowo mendirikan Partai Gerindra dan terlibat aktif dalam pengembangan partai tersebut.

Pada tahun 2014, Fadli Zon diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, posisi yang dipegangnya hingga 2019. Dia juga dipercaya sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI sejak 2019 hingga sekarang yang membuatnya semakin aktif dalam forum-forum internasional.

Tidak hanya itu, Fadli juga memegang jabatan sebagai Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Palestina dan Presiden Southeast Asian Parliamentarians Against Corruption (SEAPAC) yang menegaskan perannya dalam diplomasi internasional dan upaya pemberantasan korupsi.

Baca juga: Fadli Zon lantik kepengurusan DPD HKTI Jatim periode 2024-2029

Baca juga: Profil Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR yang siap mengisi kursi menteri

Baca juga: Profil Komjen Pol Agus Andrianto: Dari Blora hingga Kertanegara

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024