Jakarta (ANTARA) -
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Suswono bersama Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil berkomitmen menambah kuota solar nelayan Jakarta, khususnya di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.
 
"Kami akan memperjuangkan penambahan kuota solar agar nelayan kecil tetap bisa melaut dan menopang kehidupan keluarga mereka," katanya dalam kunjungannya ke Kampung Nelayan Muara Angke pada Selasa.

​​​​​Hal ini salah satu komitmen pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) untuk memastikan nelayan bisa terus bekerja tanpa hambatan.
 
Suswono menyebutkan terbatasnya kuota solar adalah salah satu masalah utama yang dihadapi nelayan Muara Angke. Terbatasnya kuota solar membuat banyak nelayan kecil kesulitan untuk melaut.
 
"Banyak dari nelayan Muara Angke yang sulit mendapatkan solar untuk melaut, padahal ini adalah kebutuhan pokok mereka untuk mencari nafkah," katanya.

Baca juga: Pelaku ekonomi kreatif Jakarta dukung pasangan RIDO
 
Suswono juga menegaskan komitmennya bersama Ridwan Kamil untuk memperjuangkan kesejahteraan nelayan Jakarta. RIDO hadir sebagai sahabat nelayan Jakarta yang siap mendengarkan dan mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat pesisir.
 
"Kami paham betapa pentingnya peran nelayan dalam mendukung ketahanan pangan di Jakarta. Sebagai kota pesisir, Jakarta harus memberikan perhatian lebih kepada nelayan yang masih mengandalkan laut sebagai sumber penghidupan," katanya.

RIDO siap menjadi sahabat nelayan, mendengarkan aspirasi mereka dan bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca juga: RIDO akan perbaiki tata ruang dan infrastruktur kawasan padat penduduk
 
Selain itu Suswono juga meluncurkan Program "One Day One Fish" yang bertujuan untuk mendorong konsumsi ikan di kalangan masyarakat sekaligus memperluas pasar bagi nelayan.
 
"Kami percaya bahwa dengan memperkuat akses masyarakat terhadap sumber protein seperti ikan, kita dapat mendorong ketahanan pangan yang lebih baik. Ini tidak hanya mendukung nelayan, tapi juga menguntungkan masyarakat Jakarta secara keseluruhan," katanya.
 
Menteri Pertanian periode 2009-2014 itu  menyebutkan RIDO juga berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir melalui berbagai program, termasuk penyediaan alat tangkap modern yang ramah lingkungan, akses modal usaha serta peningkatan fasilitas kesehatan di kawasan pesisir.
 
"Kami berkomitmen untuk menyejahterakan nelayan karena mereka adalah tulang punggung masyarakat pesisir Jakarta. RIDO akan memastikan nelayan Jakarta sejahtera dan kehidupan mereka lebih baik di masa mendatang," katanya.
 
Dalam kunjungan tersebut, Suswono juga menghadiri deklarasi dukungan dari Bidang Tani dan Nelayan DPP PKS terhadap pasangan RIDO dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024