Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan kepada korban bencana longsor di Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.
 
Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta pada Selasa, disebutkan bahwa bantuan itu berupa 70 paket family kit, 70 lembar kasur, 20 paket kidware, 100 lembar tenda gulung, 10 unit tenda keluarga portable, dan satu unit tenda serbaguna melalui gudang logistik di Sentra Insyaf Medan.
 
"Dari bencana terjadi Kemensos langsung berkoordinasi dan menggerakkan Tagana setempat,“ ujar Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos, Masryani Mansyur.
 
Ia menerangkan kebutuhan dasar para pengungsi juga masih dapat dipenuhi secara swadaya oleh masyarakat dengan dibantu oleh pemerintah daerah setempat. Hingga saat ini, pembersihan material sisa longsor juga masih dilakukan oleh pemerintah desa dan BPBD setempat.
 
Sementara itu, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang telah mengeluarkan Surat Pernyataan Tanggap Darurat yang tertuang pada SK No. 360/2719/BPBD/2024 dengan masa berlaku selama 14 hari terhitung mulai 13 hingga 28 Oktober 2024.
 
Sebagai informasi, hujan deras yang terjadi sejak Kamis (10/10) menyebabkan longsor di daerah itu pada Jumat (11/10).
 
Longsor yang terjadi menyebabkan kerusakan pada fasilitas umum seperti jalan, jembatan, serta lahan pertanian dan kerusakan pada 15 unit rumah, di mana 70 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 173 jiwa terpaksa mengungsi.
 
Terhadap warga yang mengungsi, Kemensos berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Tagana setempat telah mendirikan pengungsian sementara di SDN 1 Juhar untuk menghindari adanya longsor susulan.

Baca juga: Kemensos beri santunan ahli waris korban banjir Aceh Tenggara
Baca juga: Kemensos beri bantuan senilai Rp592 juta respon bencana di Aceh Tengah

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024