Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memberikan pelayanan penerbitan 501 paspor untuk WNI di ajang Pesta Indonesia Fukuoka 2024 di Kota Fukuoka Jepang 12-13 Oktober lalu.

"Kami berusaha selalu memberikan dukungan penuh pada kegiatan seperti ini, ada pelayanan penerbitan 501 paspor untuk WNI yang berada di wilayah Kota Fukuoka dan sekitarnya," ujar Atase Imigrasi KBRI Tokyo, Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selain itu, sebagai rangkaian dalam kegiatan tersebut tim KBRI Tokyo juga memberikan layanan teknis kekonsuleran, pencatatan kedatangan, legalisasi dokumen administratif serta berpartisipasi dalam public expo dengan membuka pelayanan informasi keimigrasian dan informasi lainnya,

Dilakukan sosialisasi mengenai berbagai kebijakan keimigrasian seperti 7 jenis Golden Visa, E-VOA, serta pembagian cindera mata bertema budaya Indonesia.

"Semoga kehadiran kami dapat memudahkan pemberian layanan bagi WNI yang berada di wilayah Fukuoka dan sekitarnya," ujar Angga.

Baca juga: KBRI Tokyo optimistis pangsa pasar kopi Indonesia di Jepang naik

Dengan adanya layanan reachout seperti ini, tambahnya, memberikan kemudahan akses, efisiensi waktu dan biaya bagi WNI di sekitar Fukuoka mengingat jarak tempuh yang cukup jauh menuju Kota Tokyo.


Sebelumnya Wakil Duta Besar KBRI Tokyo, Maria Renata Hutagalung menyatakan Pesta Indonesia Fukuoka 2024 yang berlangsung di Tenjin Central Park selama dua hari mendapat perhatian masyarakat, tidak hanya warga Indonesia yang berada di Jepang, namun juga penduduk lokal.

Menurut dia, acara tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan Indonesia-Japan friendship day yang dirangkaikan dengan berbagai susunan acara demi memperkenalkan budaya Indonesia.

Kegiatan diisi dengan berbagai pentas seni, kuliner, dan budaya Indonesia. Selama dua hari, pengunjung disuguhkan berbagai atraksi kebudayaan.

Baca juga: Dubes: KRI Bima Suci refleksikan kuatnya diplomatik Indonesia-Jepang

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Kota Fukuoka, salah satu ajang untuk mempromosikan kearifan budaya nusantara," ujar Maria Renata saat membuka acara tersebut.

Dari kegiatan ini, tambahnya, terlihat minat masyarakat setempat terhadap budaya dan kuliner Indonesia, banyak warga Jepang yang buka tenant makanan Indonesia, jualan rendang, nasi goreng dan lainnya.

Kegiatan ini mendapatkan antusiasme tinggi, dengan lebih dari 2000 pengunjung yang hadir dan partisipasi warga Jepang yang menunjukkan minat besar terhadap budaya Indonesia.

Menurut dia, Pesta Indonesia Fukuoka 2024 menjadi langkah penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, serta membuka peluang kerjasama yang bonafit bagi kedua pihak.

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024