Qingdao (ANTARA) - Ratusan suporter Indonesia memberikan dukungan untuk timnas yang akan menghadapi Timnas China pada pertandingan keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga di Stadion Qingdao Youth Football, Qingdao, Selasa pukul 20.00 waktu setempat.

Di antara mereka adalah Malik (30) Dan Aditya (25) yang datang dari Jakarta khusus untuk menonton timnas.

"Baru pertama kali dukung timnas keluar negeri, karena ini masih dekat," kata Malik.

Ia dan Aditya menanggung semua semua biaya transportasi, akomodasi maupun tiket pertandingan.

"Kalau timnas lolos Piala Dunia 2026, saya akan berangkat ke Amerika," tambah Malik bersemangat.

Aditya pun mengaku sejak dulu suka sepak bola, bukan hanya saat performa timnas saat ini bagus. Sedangkan Sasa (24) adalah mahasiswi Indonesia yang sedang berkuliah di Nanjing.

Ia bersama sekitar 14 orang temannya sengaja datang ke Qingdao dengan menumpang kereta.

"Sebenarnya baru pertama kali nonton bola, tapi karena timnas main di China saya datang, kapan lagi nonton di China kan," kata Sasa.

Pendukung Indonesia diberikan tempat khusus yaitu di tribun D070 lantai 2 stadion berkapasitas 50 ribu orang tersebut.

Suporter timnas Indonesia memberi dukungan saat menghadapi China pada pertandingan keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga di Stadion Qingdao Youth Football, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). ANTARA/Desca Lidya Natalia/aa.
 
Untuk memasuki stadion, penonton Indonesia pun diwajibkan berbaris per kelompok dan tidak boleh meneriakkan yel-yel di luar stadion, tapi boleh saat di dalam stadion.

Penonton juga tidak dibolehkan membawa power bank, air minum dan kosmetik. Panitia menyediakan kios untuk membeli makanan dan minuman di dalam stadion.

Pertandingan melawan China ini merupakan peluang Indonesia untuk menorehkan tiga poin perdana pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga setelah sebelumnya menelan tiga hasil imbang beruntun.

Performa China buruk pada beberapa pertandingan terakhir. Pada tiga pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga, China tercatat takluk dari Jepang 0-7, Arab Saudi 1-2 dan Australia 1-3.

China tengah goyah saat ini, terlebih mereka sama sekali belum mendapatkan poin dan menelan empat kekalahan beruntun.

Di sisi lain, Indonesia tengah dalam performa yang cenderung stabil setelah mampu mengamankan tiga kemenangan, empat imbang dan menelan tiga kekalahan.

Para pemain yang bertanding pada babak pertama yaitu Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Asnawi Mangkualam (C), Calvin Verdonk, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Nathan Tjor A On.


Baca juga: Shin Tae-yong turunkan empat starter baru lawan China

Baca juga: Pratinjau China vs Indonesia: Peluang bawa pulang tiga poin

Baca juga: Prediksi susunan pemain Indonesia vs China: Momentum Malik Risaldi


Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024