Manokwari (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Manokwari berupaya mengembangkan wisata di Manokwari dengan membuat pos Tourism Information Center (TIC) atau pusat informasi pariwisata di Bandara Rendani, Manokwari.

Kepala Disparekraf Manokwari Immanuel Pangaribuan di Manokwari, Selasa, mengatakan TIC mempermudah masyarakat pengguna penerbangan mengetahui destinasi wisata di Manokwari.

"TIC memberikan banyak informasi segala potensi dan destinasi wisata kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Manokwari dan bagaimana mereka menuju ke sana," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Bandara Rendani pada pendirian PIC sebagai upaya memajukan sektor pariwisata di Manokwari.

Sektor pariwisata merupakan salah satu potensi unggulan untuk mendatangkan pendapatan asli daerah Kabupaten Manokwari.

Apalagi tahun ini pihaknya prioritas mengembangkan lima destinasi wisata di Manokwari yaitu Pulau Mansinam, Pantai Pasir Putih, Gunung Meja, Pantai Amban dan Kampung Kwau di Distrik Mokwam.

Baca juga: Pulau Mansinam Papua bakal dikembangkan jadi destinasi wisata religi

Baca juga: Pemkab Manokwari utamakan pembangunan partisipatif kembangkan wisata


"Bandara ini kan salah satu pintu masuk ke Manokwari. Saat orang tiba mereka sudah langsung mengetahui apa-apa saja destinasi wisata di Manokwari," ujarnya.

Ia menambahkan, selain membuat pos TIC, pihaknya juga membuat mural di terminal kedatangan Bandara Rendani.

Informasi destinasi wisata dipaparkan melalui mural atau lukisan di dinding Bandara Rendani. Mural tersebut berfungsi untuk memperindah penampilan bandara sekaligus memberikan informasi penumpang pesawat terkait destinasi wisata di Manokwari.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024