Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara menargetkan partisipasi pemilih di wilayah tersebut dalam Pilkada Jakarta pada 27 November 2024 mencapai 77 persen.

"Target kami untuk angka partisipasi Pilkada ini 77 persen dan untuk meningkatkan partisipasi kita melakukan sosialisasi di seluruh segmen," kata Ketua KPU Jakarta Utara Abdul Bahder Maloko di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, sosialisasi dan edukasi soal pemilihan di segmen pekerja, karyawan, nelayan, bahkan pemilih pemula di sekolah-sekolah atau di kelompok masyarakat melalui ormas.

"Terutama di sekolah yang kita gencar laksanakan beberapa waktu yang lalu," kata dia.

Baca juga: KPU pastikan lokasi penyimpanan logistik Pilkada bebas banjir

Komisioner Divisi Teknis KPU Jakarta Utara, Ibnu Afan mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi di 26 sekolah swasta dan negeri.

Termasuk aktif bersama Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melakukan perekaman KTP bagi masyarakat dan pelajar yang pada November 2024 berusia 17 tahun.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar sosialisasi ke sejumlah sekolah di Jakarta Utara untuk menarik pemilih muda terlibat di dalam Pilkada DKI Jakarta.

KPU Jakarta Utara (Jakut) memiliki kepentingan tinggi agar sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang ditargetkan harus lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Jakut mulai distribusikan logistik Pilkada Jakarta

Saat Pemilu 14 Februari 2024 masyarakat yang menggunakan hak pilihnya ada di kisaran 77-78 persen, maka dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 harus di atas angka tersebut.

"Untuk itu kita lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, RT/RW, komunitas hingga ormas sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sesuai dengan target yang sudah kita tetapkan," kata dia.

KPU Jakarta Utara telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jakarta Utara sebanyak 1.345.815 pemilih. Jumlah pemilih itu terdiri dari 666.181 pemilih pria dan 679.634 pemilih perempuan.

Jumlah pemilih itu akan mencoblos di 2.386 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar
di enam kecamatan, 31 kelurahan di Kota Jakarta Utara.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menetapkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Jakarta, yakni pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024