Medan (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan Stadion Utama Sumatera Utara yang berlokasi di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa.

"Sumatera Utara sekarang memiliki stadion yang sangat besar dan sangat mewah. Seperti yang kita lihat pada sore ini," ujar Presiden Jokowi didampingi Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni.

Presiden meminta agar perawatan arena penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut itu dimaksimalkan.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman banyak stadion yang tidak dirawat dengan baik setelah diresmikan, sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Presiden meminta stadion yang dibangun dari APBN sebesar Rp587 miliar ini dimaksimalkan sebaik mungkin.

"Karena dari pengalaman kita di provinsi-provinsi yang lain, fasilitas olahraga dibangun, setelah PON, semuanya tidak terawat. Saya sudah lihat, tidak hanya satu, tidak hanya dua, tidak hanya tiga, tidak hanya empat. Semuanya Karena tidak ada yang memakai, tidak terawat. Jangan sampai kejadian itu terjadi di Sumatra Utara," kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan adanya stadion utama ini pembinaan olahraga di Sumatera Utara dapat terus meningkat sehingga dapat mengharumkan nama daerah maupun negara.

"Kita harapkan stadion yang megah dan mewah ini terus terawat, terus dipakai dan berguna bagi pembinaan olahraga di Sumatra Utara," kata Jokowi.

Stadion Utama Sumatera Utara dibangun di lahan seluas 48.420 meter persegi dengan luas bangunan 27.452 meter persegi dan berkapasitas 25.750 penonton.

Baca juga: Jokowi harap ekonomi Indonesia jauh lebih baik di tangan Prabowo
Baca juga: Dari Aceh, Jokowi lanjut ke Sumut untuk resmikan fasilitas stadion

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024