Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menargetkan cabang olahraga taekwondo lolos Olimpiade Los Angeles 2028 di Amerika Serikat.

"Ke depan cabang olahraga taekwondo harus bisa lolos ke Olimpiade 2028 Los Angeles. Kami sangat berharap taekwondo bisa berkontribusi medali emas untuk Indonesia," kata Dito usai membuka Kejuaraan KASAD 6th Asian Taekwondo Open Championship 2024 di Sport Center Indoor, Banten, sebagaimana dikutip laman Kemenpora di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, pemerintah berkomitmen tinggi mengembangkan taekwondo sampai melahirkan atlet-atlet berkelas dunia.

Dia menyambut gembira kejuaraan taekwondo tersebut yang diikuti tim dari berbagai negara, sebagai bagian dari persiapan dini menuju Olimpiade 2028.

"Sebagai bangsa yang berkomitmen dalam perkembangan olahraga, Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah kejuaraan ini," kata dia.

Baca juga: Ketum PBTI lepas wasit untuk ajang Paralimpiade Paris 2024

Indonesia sebagai tuan rumah mengikutsertakan tim taekwondo dari seluruh provinsi di Indonesia, termasuk dari TNI dan Polri.

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) Richard Tampubolon mengemukakan kejuaraan itu diikuti atlet-atlet dari negara lain yang tampil pada Olimpiade Paris 2024.

"Ada 14 tim di kategori Kyorugi dan 14 tim di kategori Poomsae. Jadi, total ada 28 tim nasional yang turun," ujarnya.

Ia mengatakan, kejuaraan tersebut memiliki makna yang baik bagi taekwondo Indonesia sebagai peta jalan menuju Olimpiade Los Angeles 2028 dan sebagai persiapan menghadapi SEA Games serta Asian Games.

"Kami berterima kasih atas dukungan penuh dari Menpora, Ketum KOI dan juga dari KONI Pusat," ujarnya.

Baca juga: Indonesia dominasi taekwondo AUG 2024 dengan 17 medali

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024