Jakarta (ANTARA) - Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil beberapa tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Salah satu sosok yang menarik perhatian di tengah pertemuan tersebut adalah Widiyanti Putri Wardhana, seorang pengusaha berpengalaman yang dinilai potensial untuk mengisi posisi menteri di pemerintahan yang akan datang.

Baca juga: Raffi Ahmad diminta Prabowo bantu soal kreatif dan pekerja seni

Widiyanti Putri Wardhana dikenal sebagai sosok yang berpengaruh di dunia bisnis dan sosial. Dia merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group, sebuah perusahaan besar yang aktif di berbagai sektor, termasuk agribisnis dan pertambangan.

Selain itu, Widiyanti adalah istri dari Wishnu Wardhana yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia.

Widiyanti Putri mulai terjun ke dunia bisnis sejak lama, terutama di sektor agribisnis melalui PT Teladan Prima Agro (TPA). TPA bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada tahun 2004 di Kalimantan Timur.

Di bawah pengelolaannya, TPA berkembang pesat dengan perkebunan yang tersebar di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, dan Kutai Kartanegara.

Baca juga: Profil Yassierli, Guru Besar ITB kandidat menteri kabinet Prabowo

Sejak 2021, Widiyanti menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Prima Agro. Sebelumnya, ia sempat menjadi Direktur di perusahaan yang sama selama sembilan tahun, dari 2012 hingga 2021.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013, dan pernah menjadi Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 hingga 2012.

Untuk latar belakang pendidikannya, Widiyanti meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada tahun 1993. Pengalamannya di dunia pendidikan internasional ini memperkuat wawasan dan kemampuan bisnisnya dalam mengelola perusahaan.

Tak hanya aktif di dunia bisnis, Widiyanti juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian besar di bidang sosial.

Dia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk periode 2018-2024, di mana dia berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, Widiyanti juga memegang peran penting di organisasi sosial lainnya, seperti sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani yang fokus pada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Profil Iftitah Sulaiman, dari seorang ajudan hingga calon menteri

Baca juga: Profil Zulkifli Hasan, Mendag Jokowi calon anggota kabinet Prabowo

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024