Jakarta (ANTARA) - Pemuda Indonesia Center (PIC) menggelar Festival Budaya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai pelaksanaan Pilkada 2024 yang berlangsung aman, damai, efektif dan manfaat (adem).

Festival Budaya yang diikuti oleh puluhan pemuda dari perwakilan pemuda-pemudi di 34 provinsi di Indonesia itu digelar di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Selasa.

"Festival Budaya dengan menampilkan tarian-tarian daerah tersebut dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak pada 27 November nanti agar berlangsung aman dan damai," kata Badan Pengurus Harian Pemuda Indonesia Center, Ginka Febriyanti Ginting di sela-sela kegiatan itu.

Pemuda Indonesia Center juga siap mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 sehingga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat terjaga dengan baik.

Puluhan pemuda itu pun melakukan deklarasi Pilkada damai dan meminta masyarakat untuk menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong dan tindakan yang dapat mengakibatkan perpecahan bangsa.

Mereka juga mengimbau agar masyarakat
menjunjung tinggi toleransi dan menghargai perbedaan pandangan serta pilihan politik.

Baca juga: KPU pastikan lokasi penyimpanan logistik Pilkada bebas banjir
Baca juga: KPU minta masyarakat ciptakan pemilu damai di pilkada

 
Badan Pengurus Harian Pemuda Indonesia Center, Ginka Febriyanti Ginting saat memberikan keterangan pers di sela-sela Festival Budaya dalam rangka Pilkada Damai di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (15/10/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

"Kami siap mendukung dan bersinergi dengan Polri untuk menciptakan suasana Pilkada 2024 yang aman dan damai," ujarnya.

Ginka menambahkan untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan damai, tidak hanya kepentingan penyelenggara Pilkada dan aparat keamanan (TNI dan Polri), namun pemerintah dan seluruh masyarakat juga harus terlibat.

"Penyelenggara Pilkada, pemerintah dan aparat harus menunjukkan netralitasnya agar hak masyarakat dapat terjamin," tuturnya.

Ginka pun mengingatkan kepada kalangan pemuda dan pemudi di tanah air agar menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak tersebut.

"Karena satu suara menentukan masa depan bangsa Indonesia nantinya. Ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam Festival Budaya, yakni 'Satu Suara, Satu Indonesia'," kata dia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024