Jakarta (ANTARA) - Menabung uang di bank merupakan salah satu cara paling umum untuk mengelola dan menyimpan uang dengan aman. Salah satu tujuannya adalah untuk merencanakan keuangan dan mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

Meskipun saat ini banyak alternatif investasi yang dapat dijadikan pilihan, menabung di bank masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Dengan kemudahan akses, tingkat keamanan yang tinggi, dan berbagai fasilitas yang ditawarkan, menabung di bank memberikan banyak keuntungan atau kelebihan bagi para nasabah.

Selain mendapatkan keuntungan, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dalam proses menabung di bank.

Salah satunya, yakni tingkat bunga yang rendah, yang sering kali tidak sebanding dengan inflasi dan dapat mengurangi nilai riil tabungan Anda. Selain itu, terdapat biaya administrasi yang dikenakan kepada nasabah.

Oleh karena itu, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan menabung di bank agar Anda dapat membuat keputusan finansial yang cerdas, sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan.

Berikut ulasan terkait, apa saja kelebihan dan kekurangan menabung uang di bank:

Kelebihan menabung uang di bank

1. Tingkat keamanan yang terjamin

Uang yang disimpan di bank lebih aman dibandingkan menyimpannya di rumah. Bank dilindungi oleh sistem keamanan yang baik dan dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.

2. Keuntungan bunga yang konsisten

Menabung di bank biasanya memberikan bunga, meskipun suku bunga dapat bervariasi. Dengan begitu, saldo tabungan dapat tumbuh seiring waktu.

3. Kemudahan akses transaksi

Dengan rekening bank, nasabah dapat dengan mudah mengakses dan menarik uang mereka melalui ATM, transfer online, atau layanan perbankan lainnya.

4. Transaksi menjadi fleksibel

Bank menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan, memberikan nasabah kemudahan dalam melakukan transaksi. Dari pembayaran tagihan hingga transfer dana antar rekening, nasabah dapat dengan leluasa mengelola keuangan mereka sesuai kebutuhan.

5. Praktis dan dapat mengelola keuangan menjadi terencana

Bank akan menyediakan buku tabungan sebagai laporan keuangan Anda yang memudahkan nasabah untuk memantau transaksi. Selain itu bank juga dapat mengatur uang dengan lebih terencana. Dengan menyimpan uang di bank, terutama melalui produk tabungan berjangka, perencanaan keuangan dapat menjadi lebih terstruktur dan konsisten.

Baca juga: Manfaat menabung demi kesehatan finansial
Baca juga: Tips menghemat uang saku, bagi pelajar dan mahasiswa


Kekurangan menabung di bank

1. Dikenakan biaya

Dasarnya, menabung di bank berarti menitipkan uang pada bank sebagai lembaga yang dipercayai. Tentunya, menabung di bank biasanya dikenakan biaya. Anda harus membayar biaya administrasi setiap bulan yang akan langsung dipotong dari saldo tabungan Anda.

2. Suku bunga rendah

Salah satu kelemahan menabung di bank adalah suku bunga yang biasanya rendah. Meskipun dana Anda terjaga dengan aman, pertumbuhan dana melalui bunga mungkin tidak cukup untuk mengimbangi laju inflasi, sehingga pertumbuhan saldo tabungan mungkin tidak signifikan dibandingkan dengan investasi lainnya.

3. Risiko inflasi

Jika suku bunga tabungan lebih rendah daripada tingkat inflasi, nilai uang yang disimpan di bank bisa berkurang dari segi daya beli seiring waktu.

4. Terdapat limit atau batasan transaksi

Pada beberapa jenis rekening, ada batasan pada jumlah penarikan atau transaksi dalam periode tertentu. Selain batas penarikan, bank juga membatasi jumlah transfer yang dapat dilakukan dalam sehari. Namun, Anda tetap dapat menarik dan mentransfer sejumlah uang dalam jumlah besar jika melakukannya secara langsung di bank.

Baca juga: Gaji Rp10 juta untuk keluarga di kota besar: Bagaimana mengelolanya?
Baca juga: 9 cara tepat atur keuangan gaji 5 juta secara efektif

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024