"Kita harus melakukan sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah. Harus diarahkan secara positif dalam memberikan respons cepat dalam persoalan kerakyatan di tingkat lokal,"
Semarang (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Sumanto terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah yang akan memimpin untuk periode lima tahun ke depan.

Sumanto didampingi empat wakil ketua DPRD, yakni Sarif Abdillah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Heri Pudyatmoko (Partai Gerindra), Mohammad Saleh (Golkar), dan Setya Ari Nugroho dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi Jateng Masa Jabatan 2024-2029 berlangsung pada rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Jateng, Semarang, Selasa.

Pimpinan DPRD Jateng yang dilantil tersebut berasal dari lima partai politik dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.4/4258 Tahun 2024.

Ketua DPRD Jateng Sumanto berharap agar para pimpinan dapat bekerja dengan bijaksana dalam menahkodai lembaga tersebut selama lima tahun ke depan.

Menurut dia, para legislator yang telah terpilih harus terus menggali dan mewakili aspirasi masyarakat dengan turun ke bawah.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng tersebut juga menekankan pentingnya menjalin dan meningkatkan sinergi antara DPRD, eksekutif, dan pemerintah daerah dalam pembangunan Jateng.

"Kita harus melakukan sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah. Harus diarahkan secara positif dalam memberikan respons cepat dalam persoalan kerakyatan di tingkat lokal," katanya.

Selain itu, kata dia, DPRD Jateng juga didorong untuk aktif melakukan kerja sama dengan berbagai lintas sektor di tingkat regional dan turut menyukseskan agenda nasional, terutama pilkada serentak 2024.

"DPRD Jateng masa jabatan 2024-2029 harus mempersiapkan diri baik secara mental maupun kompetensi dasar. Saya berharap dengan memikul amanah ini DPRD Jateng dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai masa akhir jabatan," katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan bahwa DPRD merupakan mitra sejati Pemerintah Provinsi Jateng dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemprov dan DPRD ini saling membutuhkan. Kami akan terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selama ini, kerja sama yang baik sudah terjalin antara Pemprov dengan DPRD Jateng yang menghasilkan beberapa capaian, khususnya terkait program-program prioritas.

Misalnya, dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, stunting, tingkat pengangguran, serta pengendalian inflasi.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024