Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA berkolaborasi dengan Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) pada perhelatan Tegalboto Memanggil 3 yang merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bidang pendidikan lembaga tersebut.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir memberikan paparan tentang bagaimana menjadi birokrat profesional di perusahaan media dalam kegiatan kuliah umum Journalistic Coaching Clinic & Carrier yang digelar di Auditorium Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Selasa.

"Saya mengawali karir di ANTARA mulai dari bawah dengan menjadi kontributor lepas di Madura, karena kecintaan saya sebagai jurnalis. Passion saya di sana karena sebelum di ANTARA, saya rajin menulis di media untuk membantu biaya kuliah di Unej," katanya saat memberikan paparan kepada ratusan mahasiswa kampus setempat.

Akhmad Munir merupakan alumni Fakultas Ilmu Politik dan Sosial (FISIP) Unej yang lulus pada tahun 1991, kemudian setahun setelah menyelesaikan kuliah diterima di LKBN ANTARA pada 1992 yang mengawali karirnya sebagai jurnalis junior di LKBN ANTARA Biro Jawa Timur.

Baca juga: Kantor Berita ANTARA paparkan literasi media kepada mahasiswa USU

Ia juga menceritakan tentang jenjang karir di ANTARA mulai dari koresponden lepas, karyawan tetap, asisten manajer pemberitaan di Biro, Kepala Biro, Direktur pemberitaan hingga menjadi Dirut ANTARA.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa lulusan Unej bisa menjadi orang sukses di perusahaan media dengan passion dan tekad yang kuat, kerja keras dengan bantuan doa orang tua," katanya.

Sebagai alumni Unej, Munir berbagi pengalaman tentang perjalanannya hingga menjadi Direktur Utama LKBN ANTARA sehingga berharap pengalamannya dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa dalam meraih kesuksesan.

"Berkarier membutuhkan perjuangan dan ketekunan yang harus sesuai dengan minat, serta diiringi kerja keras, sehingga pada akhirnya kesuksesan dapat diraih," ujarnya.

Munir juga memberikan motivasi dan beberapa tips kepada mahasiswa untuk tekun dengan passion yang dimiliki agar menjadi orang sukses dengan jabatan tertinggi di perusahaan media.

Baca juga: ANTARA gelar Nyantri Foto meriahkan Ramadhan

Pihaknya akan memberikan kontribusi untuk Unej, sehingga ANTARA berkolaborasi dengan Kauje dengan menggelar Program Journalistic Coaching Clinic & Carrier dan Entrepreneurship Coaching Clinic untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa kampus setempat.

Selain menjadi pembicara, Akhmad Munir akan menjadi pembicara kunci dalam seminar dan pelatihan untuk pelaku UMKM dalam Program Entrepreneurship Coaching Clinic yang digelar di Kabupaten Bondowoso pada Rabu (16/10).

Kedua kegiatan tersebut didukung oleh Perum LKBN ANTARA dalam Program TJSL bidang pendidikan, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas kepada perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat.

Kauje menggelar kegiatan Tegalboto Memanggil 3 dalam rangkaian Dies Natalis ke-60 Unej yang mengambil tema "Kesejahteraan dan Keadilan Menuju Indonesia Emas 2024" selama tiga hari pada 15-17 Oktober 2024.

Baca juga: 135 wartawan lulus sertifikasi UKW ANTARA lewat program TJSL 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024