Tidak ada, tidak ada apa-apa (panggilan menjadi panelis debat)
Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyatakan siap menjadi panelis pada debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur yang sesi pertama diadakan pada 18 Oktober 2024 di Surabaya meski hingga saat ini belum menerima panggilan.

"Tidak ada, tidak ada apa-apa (panggilan menjadi panelis debat)," kata Rektor Unair Prof M Nasih di Gedung Airlangga Convention Center (ACC), Surabaya, Selasa.

Meskipun belum ada panggilan hingga saat ini, Nasih memastikan bahwa Unair akan selalu siap jika ditugaskan menjadi panelis debat Cagub Jatim 2024.

"Pokoknya kalau ada tugas negara, apa pun, Unair siap. Jadi intinya tugas negara tidak bisa dan tidak boleh kita tolak. Kita dengan senang hati dan berbahagia untuk melaksanakan tugas-tugas negara. Termasuk tugas dari KPU, tugas dari mana pun," ujarnya.

Nasih mengatakan Unair sebagai perguruan tinggi negeri sangat siap untuk berpartisipasi dalam berbagai urusan negara, salah satunya soal pelaksanaan debat Cagub.

Baca juga: KPU: Debat perdana calon gubernur Jatim usung tema kebutuhan dasar

Baca juga: Khofifah nyatakan siap hadapi debat perdana Cagub Jatim

Baca juga: Risma siapkan program kesejahteraan bagi para buruh pabrik


Unair, kata dia, juga memiliki banyak ahli atau pakar dari berbagai bidang yang bisa bertugas untuk menjadi panelis dalam berbagai tema debat yang diusung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Cuma kebiasaan Unair, Unair tidak akan minta-minta untuk ditugaskan, tidak akan minta ini itu. Pekerjaan kita masih banyak. Jadi kalau Unair ditugaskan, dengan senang hati, tidak usah dihonor, kita siap. Apalagi ada honor-nya, kita malah lebih semangat lagi. Pokoknya jangan ragukan kesiapan Unair untuk Indonesia," ucapnya.

Seperti diketahui, debat Cagub Jatim akan dilaksanakan tiga kali. Pertama, pada 18 Oktober. Kedua, pada 3 November. Dan ketiga, pada 18 November 2024. Seluruhnya digelar di Surabaya dengan menggunakan gedung yang berbeda-beda.

Pilkada Jatim 2024 sendiri, diikuti oleh tiga pasangan cagub dan cawagub. Mereka yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak pasangan nomor urut 2, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) pasangan nomor urut 3.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024