memastikan setiap anak mendapatkan hak pendidikan mereka sepenuhnya
Jakarta (ANTARA) -
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) bakal membawa Jakarta menjadi kota global dengan cara memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).
 
"Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci  di masa depan demi membawa dan menjadikan Jakarta sebagai kota global," kata Juru Bicara RIDO Bernardus Djonoputro dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Bawaslu DKI cegah pelanggaran kampanye hingga masa tenang Pilkada
 
Menurut Bernardus tahap awal yang bakal dikerjakan RIDO adalah memperbaiki fundamental seperti pemenuhan layanan sosial, dan lingkungan dasar, serta penguatan landasan ekonomi melalui perbaikan dan penguatan sektor fundamental.
 
“RIDO akan mengawal pembangunan SDM berkualitas yang menjadi syarat perwujudan visi Indonesia Emas 2045 untuk memastikan tidak ada lagi anak-anak di Jakarta yang tidak mendapatkan akses pendidikan. Dibutuhkan usaha menerus untuk merawat dan mengembangkan generasi muda Jakarta,” katanya.

Baca juga: KPU gandeng Forkopimda distribusi logistik pemilu di Kepulauan Seribu
 
Dia juga menyebut salah satu yang dilakukan RIDO adalah dengan menyediakan sekolah gratis yang berkualitas tinggi di seluruh Jakarta, sehingga setiap anak memiliki kesempatan yang setara untuk memperoleh pendidikan yang layak, tanpa terhalang oleh biaya.
 
“Mengurangi anak putus sekolah di Jakarta, melalui program dukungan finansial, bimbingan, dan intervensi dini, untuk mengusahakan kasus putus sekolah di Jakarta bisa hilang, memastikan setiap anak mendapatkan hak pendidikan mereka sepenuhnya,” ucapnya.
 
Selain itu, ada pula memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi sehingga mampu menciptakan pemimpin Jakarta masa depan yang inovatif dan berdaya saing global.

Baca juga: KPU DKI berencana ajak pemilih pemula nonton film "Tepatilah Janji"
 
“Hal ini juga melanjutkan pemberlakuan Kartu Mahasiswa Jakarta (KMJ). Selain itu, menciptakan program kolaborasi dan hibah riset antara pemerintah dan perguruan tinggi untuk berbagai bidang yang hasilnya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi ataupun masyarakat,” ucapnya.
 
Di sisi lain, lanjut dia, pasangan RIDO menempatkan ekonomi kreatif menjadi semakin penting karena akan menjadi pemain global. Selain itu, ini juga menciptakan lapangan kerja bagi anak muda, dan menjadikannya mesin penggerak utama ekonomi.
 
“Program ini juga bertujuan menarik talenta global ke Jakarta serta mempromosikan karya kreatif lokal di pasar internasional,” jelas Bernardus.
 
Menurut dia, transformasi menjadi pusat keuangan dan pariwisata global, serta peningkatan taraf hidup penduduk dilakukan dengan membangun sejumlah pariwisata tingkat global di Jakarta jika terpilih sebagai gubernur.
 
“Kita memastikan akan ada wisata global di Kepulauan Seribu, dan lain-lain. Bagaimana caranya menarik wisatawan untuk bisa berlama-lama tinggal. Juga pertumbuhan fasilitas bukan hanya meliputi seni dan desain saja, tetapi merambah ke bidang lain seperti film, musik, kuliner, teater, dan lain-lain,” ungkap Bernardus.
 
Pihak RIDO juga optimistis kalau skalanya besar dan skalanya internasional akan membuat Jakarta lebih mudah menjadi kota global.
 
“Plus memperbanyak lapangan pekerjaan dengan konsep ekonomi kreatif,” tutupnya

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024