Sao Paulo (ANTARA News) - Kapten Steven Gerrard mengingatkan tim muda Inggris bahwa  mereka bisa jadi akan mengalami musim panas "yang sangat buruk" jika tersingkir dari Piala Dunia karena kalah dari Uruguay.

Gerrard,  yang mengalami langsung kekalahan Inggris di Piala Dunia 2006 dan 2010, mengatakan, ia menekankan soal harga kegagalan itu dalam wejangan khusus bagi tim.

"Memasuki pertandingan, (mereka harus) menyadari musim panas ini bisa  jadi  mengerikan dan mengecewakan jika kita tidak bermain dengan benar pada Kamis," katanya.

"Tidak ada tempat sembunyi bagi pemain ketika Anda tersingkir dari satu turnamen. Anda pulang lebih awal dari yang diharapkan. Bagi seorang pemain hal itu akan berat dan perlu waktu yang lama sekali untuk mengatasinya."

Empat tahun lalu di Afrika Selatan, Jerman dengan kejam menyingkirkan Inggris 4-1 pada babak 16 besar, dan di Jerman 2006, mereka kalah dalam adu penalti oleh Portugal pada perempat final.

Setelah kalah pada pertandingan pembuka Grup D 1-2 dari Italia, kekalahan pada Kamis mungkin akan menjadi salah satu kepulangan Inggris paling cepat dari Piala Dunia dalam sejarah mereka.

Gerrard mengatakan ia ingin tim muda itu menyadari betapa tinggi taruhannya menjelang pertandingan Kamis di Corinthians Arena Sao Paulo.

"Banyak orang tahu itu di ruang ganti tetapi beberapa pemain muda...penting bagi mereka untuk menyadari yang dipertaruhkan dan betapa pentingnya pertandingan ini," katanya.

"Kita harus mempertaruhkan segalanya di lapangan jika kekalahan terjadi, mungkin lapangan itu jadi tempat tersulit bagi seorang pesepak bola."

Namun Gerrard juga mengatakan Inggris akan menarik pengalaman mereka pada kualifikasi, yang berada di ujung tanduk sebelum menang atas Montenegro dan Polandia.

"Pada kualifikasi mungkin kami memberikan dua penampilan terbaik ketika benar-benar dalam tekanan," katanya.

"Itu mungkin karena Anda menyadari apa yang dipertaruhkan dan Anda tidak akan mendapat kesempatan kedua. Saya berharap itu lah yang akan terjadi pada dua pertandingan yang akan datang."

Pertandingan terakhir Inggris pada Grup D adalah pada 24 Juni melawan Costa Rika, yang mengalahkan Uruguay 3-1 pada pertandingan pembuka mereka dan melawan Italia pada Jumat.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014