Kita bersama TNI lainnya serius dalam melaksanakan pengamanan jadi, itu misi utama
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan TNI AL turut mendukung pengamanan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

"Kita bersama TNI lainnya serius dalam melaksanakan pengamanan jadi, itu misi utama," kata KSAL usai acara penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Selasa.

KSAL menyampaikan ada beberapa prajurit TNI AL yang sudah dikirim dari Surabaya ke Jakarta. Awalnya, kata dia, prajurit tersebut ke Jakarta dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI. Namun, kemudian akhirnya tetap siaga di Jakarta untuk mendukung pengamanan pelantikan tersebut.

"Jadi, beberapa pasukan dari Angkatan laut yang ada di Surabaya sudah beberapa digeser ke Jakarta. Kemudian, pada saat HUT TNI kemarin dan itu masih tetap standby di Jakarta. Jadi, kita konsentrasi penuh, kita betul-betul mensukseskan," ujar KSAL.

Selain itu, dalam mendukung pengamanan pelantikan, sebut dia, TNI AL juga menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Teluk Jakarta.

"Ada pasti di sekitar Tanjung Priok, di sekitar Teluk Jakarta kita siapkan seluruh KRI yang kemarin dari HUT TNI kita belum pulangkan, itu sebagian besar masih ada di sini," ucap KSAL.

Ia menyebut ada lebih dari 10 KRI yang siaga di perairan Teluk Jakarta. "Lebih dari 10," ungkap KSAL.

Agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta mulai pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024