Xi'an (ANTARA) - Ketika seorang petani di Desa Xiyang, Distrik Lintong, Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China, sedang menggali sumur pada Maret 1974, tanpa sengaja menemukan tubuh tembikar yang pecah.

Penduduk desa yang tidak tahu mengapa tembikar yang tampak berpikir tersebut adalah dewa yang muncul sehingga mereka malah sujud minta berkah.

Pada kenyataannya, tembikar itu adalah bagian dari Prajurit Terakota Kaisar Qin Shi Huang. Tak lama setelah itu penggalian oleh para arkeolog dimulai, Prajurit Terakota yang selama 2000 tahun "hidup" di bawah tanah pun akhirnya kembali melihat cahaya Matahari.

Lokasi penemuan berjarak 37,5 kilometer sebelah barat Xi'an, kota yang pernah menjadi ibu kota 13 dinasti besar di China, antara lain, dinasti Qin, Xin, Wei, Zhou, Tang, dan Han.

Saat ini, para Prajurit Terakota "tinggal" di Museum Situs Mausoleum Kaisar Qinshihuang yang dibuka untuk umum pada 1 Oktober 1979.

Per hari, museum maksimal dapat menerima 65 ribu orang pengunjung yang berdesakan untuk melihat secara langsung ribuan patung dari tanah liat berukuran manusia dengan detail yang menakjubkan.
Pengunjung di lubang pertama Museum Mausoleum Kaisar Qinshihuang di Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China pada Minggu (13/10/2024). ANTARA/Desca Lidya Natalia


Dalam film "The Mummy: Tomb of The Dragon Emperor" yang merupakan kelanjutan film laris "The Mummy dan The Mummy Returns" dengan mengambil latar cerita kekaisaran China kuno, diceritakan ada ribuan tentara terakota dikuburkan bersama kaisar yang mereka jaga.

Entah karena pengaruh film atau hal lainnya, banyak orang pun berpikir bahwa Prajurit Terakota di Mausoleum Kaisar Qinshihuang memang benar-benar manusia yang dikubur hidup-hidup untuk menjaga kaisarnya.

Padahal, sebenarnya prajurit-prajurit tersebut benar-benar terbuat dari tanah liat dan dengan teknik tertentu dibentuk, lalu mengeras sehingga menyerupai ukuran dan ekspresi manusia.

Namun, memang fungsi pembuatan ribuan Prajurit Terakota adalah untuk menjaga Kaisar Qin Shi Huang alias Ying Zheng (259-207 SM) yang berhasil menyatukan enam kerajaan pada masa itu yaitu Han, Zhao, Wei, Chu, Yan, dan Qi pada 221 SM karena kekuatan militernya yang luar biasa dan menjadi kaisar pertama di China.

Kaisar Qin juga membangun kemajuan besar di bidang politik, ekonomi, budaya, termasuk mengenalkan standar tulisan, standar berat dan ukuran, sistem kanal dan jalan, ilmu metalurgi, serta memulai proyek skala besar, seperti Tembok Besar China.



 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024