Para pedagang harus turut berperan serta untuk ikut bersama-sama menjaga situasi kondusif...
Medan (ANTARA News) - Pedagang maupun distributor bahan pokok diminta tidak memanfaatkan kesempatan dengan melakukan spekulasi harga maupun penimbunan barang selama Ramadan dan Idul Fitri.

"Para pedagang harus turut berperan serta untuk ikut bersama-sama menjaga situasi kondusif Kota Medan, termasuk memelihara stok barang kebutuhan," kata Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, di Medan Kamis.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Medan terus berupaya mengantisipasi terjadinya kelangkaan sembako selama Bulan Ramadan Hari Raya Idul Fitri, diantaranya dengan memperketat pengawasan di lapangan terutama pada pedagang-pedagang besar.

Selanjutnya demi mestabilkan harga sembako, Pemkot Medan nantinya akan menggelar pasar murah di 151 titik yang lokasinya diprioritaskan ke daerah-daerah yang warganya terbilang kurang mampu.

"Ini dilakukan untuk memastikan selama bulan suci Ramadan dan Lebaran kebutuhan bahan pokok masyarakat tersedia, pendistribusiannya lancar, harganya terjangkau serta keamanan dari sisi kesehatan," katanya.

Demikian juga dengan keamanan pangan juga mendapat perhatian serius, seperti penggunaan bahan tambahan makanan (BTM) dalam proses produksi pangan serta barang kadaluarsa perlu diwaspadai bersama.

"Sebab, dampak penggunaannya dapat berakibat negatif bagi kesehatan. Jika perlu lakukan operasi pasar, baik di pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket guna memastikan makanan, minuman dan buah yang dijual layak konsumsi," katanya. (*)

Pewarta: Juraidi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014