Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meraih penghargaan Kementerian dan Lembaga Negara Awards 2024 Kategori Kolaborasi dan Kemitraan, di Jakarta, Senin malam (14/10).

Saat menerima penghargaan tersebut, Kepala BNPT Komjen Pol. Eddy Hartono mengatakan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas kinerja BNPT melalui program Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) serta Sinergisitas Penanggulangan Terorisme.

"Saya berterima kasih kepada iNews MNC group yang telah memberikan penghargaan tentang kolaborasi kinerja, khususnya kepada BNPT," kata Eddy dalam keterangan yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Dia berharap penghargaan yang diterima BNPT dapat menjadi motivasi untuk terus memperkuat kolaborasi dan inovasi dalam upaya penanggulangan terorisme untuk menunjukkan bahwa negara hadir.

Ia menuturkan kinerja BNPT selama ini dilakukan dengan semangat "Kolaboratif dalam Penanggulangan Terorisme yang Tercerahkan dalam Keikhlasan".

Eddy pun menjelaskan berbagai kerja kolaborasi dan kemitraan yang telah dilakukan merupakan amanat dari program RAN PE yang didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021.

Sementara pelaksanaan sinergisitas dalam penanggulangan terorisme seturut Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 yang menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor.

Menurut dia, tugas BNPT ke depannya akan lebih berat, sehingga pihaknya selalu menyinergikan kementerian dan lembaga dalam penanggulangan terorisme.

Selain itu, kata dia, program kolaboratif akan terus dilanjutkan dengan senantiasa merujuk pada Perpres tentang RAN PE.

Namun, dirinya menekankan pentingnya peran daerah dan masyarakat dalam pelaksanaan program tersebut.

"Tentu kolaborasi akan terus berlanjut, ini sudah menjadi amanat dari Wakil Presiden. Meskipun masa berlaku RAN PE akan berakhir pada 2024, kami sedang dalam proses memperpanjang peraturan tersebut," ucap dia.

Penghargaan bergengsi Kementerian dan Lembaga Negara Awards 2024 merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi kementerian dan lembaga negara yang menginspirasi dan telah menunjukkan kinerja unggul serta memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada kementerian dan lembaga yang dinilai berhasil menjalankan fungsi mereka secara optimal, baik dalam hal pelayanan publik, transparansi, inovasi, maupun pengelolaan sumber daya yang efektif.

Penerima penghargaan mencakup beberapa kategori, di antaranya Kategori Pelayanan dan Komunikasi Publik, Kategori Inovasi, Kategori Kinerja Terbaik, serta Kategori Kolaborasi Strategis.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024