Partisipasi Indonesia dalam acara ini bertujuan untuk mempromosikan kapabilitas dan teknologi infrastruktur perkeretaapian Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempromosikan kemajuan sektor transportasi moda perkeretaapian Indonesia di kancah internasional lewat ajang Global Rail Transport Infrastructure & Exhibition 2024 yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Partisipasi Indonesia dalam acara ini bertujuan untuk mempromosikan kapabilitas dan teknologi infrastruktur perkeretaapian Indonesia," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, Kemenhub mempromosikan kepada dunia bahwa teknologi infrastruktur perkeretaapian Indonesia saat ini berkembang cukup signifikan serta membuka peluang kerja sama investasi pada sektor transportasi perkeretaapian.

Risal mengatakan bahwa dirinya hadir dalam kegiatan itu sebagai salah satu pembicara utama.

Dia menyebutkan bahwa fokus utama yang disampaikan mencakup inovasi teknologi, peningkatan kualitas layanan, serta pengembangan transportasi kereta api yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Hal ini merupakan upaya untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin dalam inovasi infrastruktur perkeretaapian di tingkat internasional," tuturnya.

Usai menghadiri pameran, Risal dan perwakilan pemangku kepentingan yang turut hadir juga memanfaatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA dan Pimpinan Etihad Rail.

Pertemuan itu untuk membahas potensi kerja sama dalam bentuk investasi untuk mendukung pembangunan dan modernisasi perkeretaapian di Indonesia.

“Harapan kami, kerja sama ini dapat berlanjut dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan infrastruktur kereta api nasional, dengan penerapan teknologi dan standar internasional yang lebih maju," kata Risal.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi, turut serta dalam ajang bergengsi Global Rail Transport Infrastructure & Exhibition 2024 yang telah diselenggarakan pada 8-10 Oktober 2024.

DJKA hadir membawa perwakilan pemangku kepentingan pada sektor perkeretaapian seperti PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI), PT KAI Commuter Indonesia (PT.KCI), PT. INKA, PT. Len Railway System (PT.LRS), PT. Adhikarya dan PT. MRT Jakarta.

"Perwakilan ini untuk membuka peluang baru di kancah internasional, seiring dengan semakin meningkatnya permintaan global akan infrastruktur transportasi yang berkelanjutan dan inovatif," kata Risal.

Baca juga: Menhub: Angkutan umum perkotaan Indonesia berkembang pesat di 10 tahun
Baca juga: KAI transformasi dan tingkatkan pelayanan di Stasiun Pasar Senen
Baca juga: BPSDMP bangun SDM transportasi laut yang unggul di Sorong


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024