Jakarta (ANTARA) - Nama Sugiono, merupakan salah satu tokoh politik senior di Partai Gerindra, kian santer disebut sebagai calon kuat kandidat Menteri Luar Negeri (Menlu) dalam kabinet Prabowo Subianto.

Sugiono, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, dikenal memiliki segudang pengalaman yang luas baik di bidang militer maupun di bidang politik.

Dapat diketahui, pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih ke-8 Republik Indonesia akan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Acara pelantikan tersebut menandai dimulainya pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden untuk masa jabatan 2024-2029.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Sugiono yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk posisi Menteri Luar Negeri? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Profil Sugiono

Politikus Gerindra kelahiran Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979 ini merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997. Saat ini, Sugiono menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Sugiono, yang kini berusia 45 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Aceh. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN 1 Takengon dari 1985 hingga 1991, kemudian melanjutkan ke SMPN 3 Banda Aceh dari 1991 hingga 1994.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMP, Sugiono melanjutkan studinya di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994 hingga 1997. Cita-citanya untuk menjadi seorang prajurit mendorongnya mendaftar sebagai calon taruna AKABRI.

Saat itu, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto meluncurkan program pengiriman alumni SMA Taruna Nusantara ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa.

Keinginannya menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dan kesempatan belajar di luar negeri mendorongnya untuk mendaftar. Sugiono berhasil lulus seleksi dan mengikuti pendidikan sebagai kadet di Norwich University, kampus militer tertua di Amerika Serikat.

Saat masa pendidikannya di Amerika Serikat, ia meraih gelar sarjana dari program studi teknik komputer di Norwich University, dan sempat tinggal serta bekerja di Rhode Island.

Setelah kembali ke Indonesia, Sugiono melanjutkan pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang. Ia lulus pada tahun 2002 dan dilantik sebagai Letnan Dua korps Infanteri.

Pada saat menjadi prajurit, Sugiono pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto sebelum pembentukan Partai Gerindra. Ia sudah dipercaya untuk mendampingi Prabowo sejak lama.

Tak lama setelah itu, Sugiono terjun ke dunia politik sebagai anggota Dewan Pendiri Partai Gerindra dan aktif sebagai kader sejak 2008. Ia kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025. Selain itu, antara 2021 hingga 2024, ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Dapat diketahui, Sugiono dikenal sebagai salah satu anak ideologis Prabowo, berkat kecerdasannya dan posisinya sebagai orang terdekat Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Baca juga: Profil Natalius Pigai, calon menteri kabinet Prabowo

Baca juga: Prabowo pastikan seluruh calon menterinya sanggup jalankan penugasan

Baca juga: Profil Prasetyo Hadi, kandidat calon menteri Prabowo

 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024