Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) rekrutmen tahun 2024 untuk pelamar Kota Mataram diundur menjadi 2-3 November 2024.

"Sedianya tes SKD untuk pelamar Kota Mataram dilaksanakan pada 18-19 Oktober 2024," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Taufik Priyono, di Mataram, Selasa.

Menurut dia, penundaan jadwal tes SKD itu sesuai dengan surat resmi yang diterima dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pihak yang memiliki kewenangan penuh terhadap pelaksanaan tes.

"Kalau untuk pelaksanaan tes tetap di Asrama Haji Mataram dan hari ini akan kami sampaikan langsung ke seluruh peserta tes," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram ajak para pencari kerja manfaatkan seleksi CPNS

Ia menyebutkan, jumlah pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi di Kota Mataram sebanyak 1.908 pelamar.

Dari jumlah itu, 13 orang di antaranya menggunakan nilai SKD yang sudah memenuhi ambang batas (passing grade) pada seleksi CPNS beberapa tahun sebelumnya.

Sesuai ketentuan, 13 pelamar tersebut diperbolehkan tidak mengikuti tes SKD dan langsung dinyatakan lolos ke tahap berikutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Dengan demikian, peserta tes SKD rekrutmen CPNS tahun 2024 Kota Mataram akan diikuti oleh 1.895 orang," katanya.

Baca juga: Stok e-meterai terbatas, pendaftaran CPNS Kota Mataram diperpanjang 

Namun demikian, lanjut dia, dari 1.895 orang itu terjadi pengurangan lagi karena ada 32 pelamar CPNS formasi Kota Mataram akan melaksanakan tes SKD di luar Kota Mataram.

Mereka tersebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

"Jadi, pelamar CPNS yang ikut tes SKD di Asrama Haji Mataram sebanyak 1.863 orang," katanya.

Taufik mengatakan, sebanyak 1.908 pelamar CPNS formasi di Pemerintah Kota Mataram itu akan merebutkan 93 formasi terdiri atas 13 formasi jabatan fungsional kesehatan yang seluruhnya untuk formasi umum.

Baca juga: Unram percepat penerbitan ijazah wisudawan untuk daftar CPNS

Kemudian 80 formasi jabatan fungsional tenaga teknis dan pelaksana meliputi 78 formasi umum dan 2 formasi disabilitas.

"Akan tetapi dua formasi CPNS di Kota Mataram tidak ada pelamar yakni satu formasi umum dokter spesialis dermatologi dan venereologi serta satu formasi penyandang disabilitas penata kelola," katanya.

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024