Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita menarik di bidang humaniora yang terjadi kemarin, dan bisa dibaca kembali pada hari ini untuk mengawali hari.

Berita diawali dengan peristiwa kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PT Freeport Indonesia Gresik, hingga daftar libur dan cuti bersama tahun 2025.

1. PTFI pastikan tidak ada korban dalam kebakaran smelter di Gresik

PT Freeport Indonesia (PTFI) mengonfirmasi bahwa tidak ada korban dalam kebakaran yang terjadi di pabrik asam sulfat smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, pada Senin, pukul 17.45 WIB.

"Tidak ada korban," kata VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati.

2. Baznas RI bantu 1.082 jenis obat-obatan untuk korban bencana di Sudan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan bantuan 1.082 jenis obat-obatan untuk warga yang menjadi korban konflik dan bencana alam di Sudan.

"Ini sebagai komitmen kami dan Insya Allah masyarakat Indonesia melalui Baznas akan terus membantu saudara-saudara yang ada di sana," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad.

3. Kemenkes berdayakan ibu-ibu lokal siapkan makanan tambahan bergizi

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberdayakan ibu-ibu lokal untuk menyiapkan makanan tambahan berbahan pangan lokal guna diberikan kepada anak bawah lima tahun (balita) dan ibu hamil di daerah setempat yang mempunyai masalah gizi.

"Makanya kita pingin mengubah modelnya, karena model yang paling bagus makanan itu diracik, disiapkan, disajikan, oleh ibu ibu lokal, itu sebabnya namanya PMT lokal, makanan tambahan lokal," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

4. Kemenag susun regulasi layanan akomodasi untuk persiapan haji 2025

Kementerian Agama mulai mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji 1446 Hijriah/2025 Masehi, salah satunya dengan menyusun regulasi layanan akomodasi jamaah haji Indonesia.

"Diperlukan standar layanan, SOP, dan pedoman penyediaan akomodasi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid.

5. Sah ditetapkan, berikut daftar libur dan cuti bersama tahun 2025

Pemerintah resmi menetapkan 27 hari libur nasional dan cuti bersama 2025 yang dimaksudkan sebagai pedoman bagi masyarakat dan Kementerian/Lembaga (K/L) serta pemerintah daerah (pemda) menjalankan program kerja pada tahun depan.

"Penetapan SKB (Surat Keputusan Bersama) tahun 2025 merujuk pada Kepres Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-Hari Libur," ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024