seminar itu menjadi pemicu bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam pengembangan sektor pertanian
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengajak mahasiswa untuk mewujudkan kemandirian pangan karena tantangan ketahanan pangan nasional hanya bisa diatasi dengan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk mahasiswa sebagai agen perubahan yang kreatif dan inovatif.

Fakultas Pertanian Universitas Jember menyelenggarakan seminar nasional bertajuk "Kreativitas dan Sportivitas Mahasiswa: Pilar Kemandirian Pangan dan Pengembangan Potensi Nasional" yang digelar di Auditorium Fakultas Pertanian Unej, Senin.

"Pentingnya peran generasi muda, khususnya mahasiswa dalam mewujudkan kemandirian pangan, sehingga kami mendorong kreativitas mahasiswa dalam menghadapi tantangan kemandirian pangan di Indonesia," kata Rektor Unej Iwan Taruna saat membuka seminar nasional di kampus setempat.

Ia mengatakan mahasiswa harus mampu melihat tantangan sebagai peluang untuk berinovasi karena kreativitas dan sportivitas adalah kunci utama dalam menciptakan solusi yang berkelanjutan untuk memastikan kemandirian pangan di Indonesia.

"Unej berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi mahasiswa agar mampu mengembangkan ide-ide kreatif dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan," tuturnya.

Baca juga: Menkop UKM dorong kampus perkuat minat anak muda bekerja di pertanian
Baca juga: Bapanas dorong ekosistem pangan nasional yang mandiri dan berdaulat

Sementara Dekan Fakultas Pertanian Soetriono mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk menjadi pionir dalam mengembangkan inovasi di bidang pertanian, sehingga kegiatan seminar nasional itu diharapkan mampu membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan wawasan baru yang relevan, serta menginspirasi mereka untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan sektor pertanian.

"Kami ingin mahasiswa Fakultas Pertanian Unej menjadi pelopor perubahan di sektor pertanian, dengan menghadirkan solusi inovatif yang mampu mendukung ketahanan pangan nasional," katanya.

Ia berharap para mahasiswa dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam membangun pertanian yang lebih maju dan berkelanjutan, sehingga diharapkan kegiatan seminar itu dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa untuk terus berinovasi dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan.

"Kami ingin seminar itu menjadi pemicu bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam pengembangan sektor pertanian, tidak hanya di lingkup kampus tetapi juga di masyarakat luas, sehingga dapat bersama-sama mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan di Indonesia," ujarnya.

Seminar nasional itu menghadirkan sejumlah pemateri ahli yang berkompeten di bidang pertanian dan ketahanan pangan yakni Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada Prof Mashuri yang membahas tentang pentingnya inovasi teknologi dalam sektor pertanian untuk mencapai kemandirian pangan di Indonesia.

Baca juga: Tingkatkan minat generasi muda lewat modernisasi pertanian
Baca juga: Pemkab Sukamara pacu minat generasi muda menjadi petani
Baca juga: Pengamat UGM sebut "smart farming" bakal tarik minat pemuda bertani

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024