Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan timnya tetap menaruh hormat kepada China meskipun tim asuhan Branko Ivankovic itu telah menelan tiga kekalahan dari tiga laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Meski tim China mendapat tiga kekalahan dalam tiga laga terakhirnya, tetap saya apresiasi performa mereka," kata Shin pada sesi jumpa pers pra laga, Senin.

China menelan tiga kekalahan dari Jepang (0-7), Arab Saudi (1-2), dan Australia (1-3) 3). Mereka menjadi salah satu dari dua tim yang belum memetik poin sejauh ini bersama Kirgistan dari Grup A.

Tim Dragon, julukan timnas China, juga menjadi tim yang paling banyak kebobolan di putaran ketiga ini dengan 12 gol.

Baca juga: China bertekad bangkit di kualifikasi Piala Dunia kontra Indonesia

Di sisi lain, bersama Uzbekistan, Iran, Korea Selatan, Irak, dan Jepang, Indonesia menjadi tim yang belum terkalahkan sejauh ini.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga masih menghormati China karena mereka memiliki rangking FIFA yang lebih tinggi.

Adapun, China saat ini menduduki peringkat 91 dunia, sedangkan Indonesia berada 38 peringkat di bawahnya yaitu di peringkat 129.

"Peringkat FIFA mereka lebih tinggi dari kami. Jadi, bagi saya dan Indonesia, tidak ada satu tim pun yang tidak bisa kami hormati," kata dia.

Indonesia berada di posisi kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, unggul tiga poin dari China yang berada di dasar klasemen.

Tim Garuda terpaut satu poin dari Bahrain, Arab Saudi, dan Australia yang berada di posisi keempat sampai kedua, serta terpaut enam poin dari Jepang yang sempurna dari tiga pertandingan.

Baca juga: Klasemen Grup C setelah Indonesia ditahan imbang 2-2 oleh Bahrain

Baca juga: Australia lumat China 3-1


 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024