ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah
Samarinda (ANTARA) - Perpustakaan SD IT Istiqomah Balikpapan berhasil meraih juara pertama dalam kategori SD/MI pada ajang Gebyar Anugerah Literasi 2024 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (DPK Kaltim).

Kepala DPK Kaltim Syafranuddin di Samarinda, Senin, mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi perpustakaan dalam memajukan literasi dan meningkatkan minat baca di kalangan siswa sekolah dasar.

"Ajang Gebyar Anugerah Literasi sendiri bertujuan untuk mengapresiasi lembaga pendidikan yang berkomitmen dalam meningkatkan budaya literasi di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari SD hingga SMA," kata Syafranuddin.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan SD IT Istiqomah Balikpapan, Iin Kuraesin, mengungkapkan rasa bahagianya saat diumumkan sebagai juara pertama.

“Ada perasaan senang dan sedih karena tidak semua tim kami yang berjuang dapat hadir di acara ini. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah kami,” ungkap Iin.

Baca juga: Dee Lestari & Ferry Curtis bagi inspirasi perkuat literasi di Kaltim
Baca juga: Perpustakaan Kaltim gandeng BI edukasi literasi keuangan bagi pelajar


Ia menjelaskan, program unggulan yang membuat perpustakaan SD IT Istiqomah Balikpapan berhasil meraih penghargaan ini adalah kegiatan "Literasi Day" yang rutin diadakan setiap Jumat.

Kegiatan ini mencakup literasi, pembelajaran, kerajinan tangan, serta permainan edukasi untuk anak-anak yang sedang menunggu jemputan.

“Kami berharap program ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus mendorong peningkatan literasi,” tambahnya.

Harapan besar dari penyelenggaraan Gebyar Anugerah Literasi adalah agar acara ini terus menjadi ajang inspiratif yang mampu memperkuat budaya literasi di kalangan generasi muda Indonesia.

Gebyar Anugerah Literasi Provinsi Kaltim 2023 dilaksanakan di Bumi Senyiur Samarinda, pada Senin dengan melombakan sebanyak tujuh kategori.

Untuk kategori SD atau MI juara pertama diraih oleh Perpustakaan SDIT Istiqomah Balikpapan, kedua Perpustakaan SDN 003 Bontang Utara, ketiga Perpustakaan SDN 019 Tanjung Redeb dan keempat Perpustakaan SDN 002 Penajam Paser Utara.

Baca juga: Kemenparekraf dan anggota DPR Hetifah kuatkan literasi sineas Kaltim
Baca juga: Perpusnas latih pengelola perpustakaan sekolah di Kepulauan Seribu
Baca juga: Kalteng optimalkan perpustakaan sekolah pacu literasi masyarakat


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024