Jakarta (ANTARA) - Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Pengprov Jakarta mengapresiasi langkah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jakarta yang melakukan evaluasi kepada semua cabang usai Pekan Olahraga Nasional (PPN) XXII Aceh-Sumut 2024.

Diketahui KONI Jakarta melakukan evaluasi kepada federasi-federasi olahraga provinsi Jakarta usai PON Aceh-Sumut 2024 yang dilakukan sejak Senin (30/9) hingga Senin (14/10).
 
"Terima kasih kepada KONI yang sudah berjuang buat cabor dalam melakukan pembinaan kepada atlet khususnya di binaraga," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (Pengprov PBFI) DKI Jakarta, Estepanus dalam keterangan resmi, Senin.
 
Estepanus mengungkapkan seluruh cabang dan atlet yang tergabung dalam kontingen Jakarta sudah berjuang habis-habisan di PON Aceh-Sumut.

Estepanus juga mengucapkan terima kasih kepada pihak KONI Jakarta yang memberikan dukungan penuh baik dari segi persiapan hingga pelaksanaan yang mendongkrak motivasi atlet Jakarta untuk berprestasi.
Saat PON Aceh-Sumut, binaragawan Jakarta mendulang dua emas dari empat atlet yang dikirim oleh Kontingen Jakarta.

"Kami sudah 24 tahun enggak dapat emas. Kini dua emas karena ada dukungan dan pembinaan dari KONI DKI," ungkap Estepanus.
 
Pria yang berprofesi sebagai pengacara (advokat) ini melanjutkan, binaraga selalu dipantau dan dievaluasi oleh KONI Jakarta secara rutin dan ketat.
 
Dari hasil evaluasi, Kontingen Jakarta berhasil meraih juara umum di PON Aceh-Sumut sebanyak 19 cabang. Dan pada saat PON Papua hanya empat cabang yang juara umum.
 
Lalu, ada 11 atlet dari empat cabang yakni akuatik, renang, atletik dan ski air yang berhasil memecahkan rekor.
 
Jakarta juga mencatatkan tinta emas usai cabang dari nomor-nomor Olimpiade yang dipertandingkan di PON Aceh-Sumut 2024, Kontingen Jakarta memperoleh 84 medali emas (19,81%) yang menjadikannya perolehan tertinggi. Sementara Kontingen Jawa Barat memperoleh 75 emas atau 17,68 persen dan Jawa Timur mendapatkan 61 emas (14,38%).
 
"Dukungan dan pembinaan KONI sangat mendukung cabor terutama pada selancar ombak," ungkap Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) DKI Jakarta Taufik.
 
Selancar ombak Jakarta meraih satu emas dan tiga perunggu dari lima nomor yang dipertandingkan di PON Aceh-Sumut. "KONI sudah berjuang dan cabor sudah bekerja keras," tegasnya.

Baca juga: Kaltim juara umum binaraga, Jakarta cetak sejarah

Baca juga: Binaraga - Dua atlet DKI Jakarta langsung diberi bonus usai sabet emas

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024