Ternate (ANTARA) - Delapan Partai Politik (Parpol) pengusung pasangan calon gubernur/wakil gubernur Maluku Utara (Malut) Benny Laos-Sarbin Sehe sepakat Sherly Tjoanda, Istri mendiang Benny Laos sebagai  pengganti calon gubernur(cagub) untuk maju pada Pilkada 2024.

"Berdasarkan laporan, delapan Sekjen parpol pengusung pasangan Benny-Sarbin telah melakukan rapat di Jakarta terkait usulan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny Laos Cagub Malut," kata Sekretaris DPW Partai Nasdem Malut, Husni Bopeng saat menggelar konferensi pers di Ternate, Senin.

Menurut dia, ke delapan pengurus pusat yang telah menggelar pertemuan untuk menerima usulan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny Laos diikuti Sekjen DPP Partai Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Gelora PSI dan Partai Buruh.

Dia mengatakan, ke delapan pengurus parpol pengusung Benny-Sarbin telah sepakat usulkan pergantian cagub yakni Sherly Tjoanda yang juga istri mendiang Benny Laos dan akan diberi waktu selama tujuh hari.

Husni menyebut, usulan nama Sherly Tjoanda sudah bulat dan disepakati dan akan meminta persetujuan Sherly Tjoanda, karena lagi menjalani perawatan di RSPAD.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kampanye Benny-Sarbin, Rahmi Husen mengatakan, delapan pengurus parpol pengusung pasangan calon (paslon) Benny Laos – Sarbin Sehe menggelar rapat koalisi telah mengusulkan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny Laos yang meninggal dunia saat insiden terbakarnya speedboat Bella 72 di Pulau Taliabu.

"Hasil rapat diikuti delapan pimpinan partai koalisi telah sepakati untuk mendorong Sherly Tjoanda merupakan istri mendiang Benny Laos gantikan suaminya sebagai calon gubernur Malut berpasangan dengan Sarbin Sehe, seluruh pimpinan parpol telah sepakatinya," katanya.

Parpol mengusung pasangan calon nomor urut 4 seluruhnya bulat usulkan Sherly Tjoanda menggantikan posisi Benny Laos meninggal dunia akibat musibah kebakaran speedboat Bella 72 di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu.

Seperti diberitakan, dalam musibah kebakaran speed boa tersebut, Benny Laos meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSU Bobong dan dinyatakan meninggal pada Sabtu (12/10/2024) pukul 17.20 WIT, bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Malut ke-25 .

Untuk itu, pihaknya akan menemui Sherly Tjoanda pada Selasa (15/10/2024) untuk mengetahui secara langsung kesediaannya maju sebagai cagub Malut menggantikan mendiang suaminya.

Rahmi menjelaskan, alasan untuk mengusulkan Sherly sebagai Cagub Malut menggantikan suaminya, agar perjuangan mediang suaminya untuk mensejahterakan masyarakat bisa terwujud, apalagi Sherly sejak lama mendampingi Benny saat menjadi Bupati Pulau Morotai dan selalu mengikuti kampanye Benny sebagai calon Gubernur Malut.
Baca juga: KPU: Pergantian calon kepala daerah meninggal paling lambat tujuh hari
Baca juga: Parpol pengusung paslon usulkan Sherly Tjoanda pengganti Benny Laos
Baca juga: Cagub Malut Benny Laos dikebumikan di Jakarta
Baca juga: Polda kirim tim Inafis selidiki kebakaran speedboat cagub Maluku Utara

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024